logo-responsive

PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MTs (Kelas VIII) oleh H. Yasir Arafat, M.Pd

  1. Pendahuluan

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Kurikulum merupakan salah satu unsur yang memberikan kontribusi untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik tersebut. Kurikulum 2013 dikembangkan berbasis pada kompetensi sangat diperlukan sebagai instrumen untuk mengarahkan peserta didik menjadi: (1) manusia berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah; (2) manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri; dan (3) warga negara yang demokratis, bertanggung jawab. 

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

  1. Pembahasan
  2. Penyempurnaan Pola Pikir

Kurikulum  dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir sebagai berikut:

  1. Penguatan pola pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus memiliki pilihanpilihan terhadap materi yang dipelajari dan gaya belajarnya (learning style) untuk memiliki kompetensi yang sama ;
  2. Penguatan pola pembelajaran interaktif (interaktif guru-peserta didik-masyarakat-lingkungan alam, sumber/media lainnya);
  3. Penguatan pola pembelajaran secara jejaring (peserta didik dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi serta diperoleh melalui internet);
  4. Penguatan pembelajaran aktif-mencari (pembelajaran peseta didik aktif mencari semakin diperkuat dengan pendekatan pembelajaran saintifik);
  5. Penguatan pola belajar sendiri dan kelompok (berbasis tim);
  6. Penguatan pembelajaran berbasis multimedia;
  7. Penguatan pola pembelajaran berbasis klasikal-massal dengan tetap memperhatikan pengembangan potensi khusus yang dimiliki setiap peserta didik;
  8. Penguatan pola pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisciplines); dan
  9. Penguatan pola pembelajaran kritis.

                  2.Penguatan Tata Kelola Kurikulum

Kurikulum dilakukan penguatan tata kelola sebagai berikut.

  • Penguatan tata kerja guru lebih bersifat kolaboratif;
  • Penguatan manajeman sekolah melalui penguatan kemampuan manajemen kepala sekolah sebagai  pimpinan  kependidikan (educational leader); dan
  • Penguatan sarana dan prasarana untuk kepentingan manajemen dan proses pembelajaran.

      3.Karakteristik Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut.

    1. Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah. dan masyarakat;
    2. Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar agar siswamampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar;
    3. Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
    4. Mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran;
    5. Mengembangkan Kompetensi Inti kelas menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) Kompetensi Dasar. Semua Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam Kompetensi Inti;

Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).

 

   Tabel Rincian Jenis Teks dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013

No.

Kelas 7

Kelas 8

Kelas 9

Kelas 10

Kelas 11

Kelas 12

1.

Teks deskripsi

Teks berita

Teks laporan percobaan

Teks laporan hasil observasi

Teks prosedur

Surat lamaran pekerjaan

2.

Teks narasi (cerita imajinasi)

Teks iklan, slogan, atau poster

Pidato persuasif

Teks eksposisi

Teks eksplanasi

Cerita atau novel sejarah

3.

Teks prosedur

Teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah

Teks cerita pendek

Teks anekdot

Ceramah

 

Teks editorial

4.

Teks laporan hasil observasi

Teks puisi

Teks tanggapan

Cerita rakyat (hikayat)

Buku nonfiki (pengayaan)

Buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi

5.

Buku fiksi dan nonfiksi

Teks eksplanasi

Teks diskusi

Buku nonfiksi (pengayaan) dan novel

Cerita pendek

Novel

6.

Surat pribadi dann surat dinas

Teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah)

Teks cerita inspiratif

Teks negosiasi

Buku fiksi

Artikel

7.

Puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat

Teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya)

Buku fiksi dan nonfiksi

Teks debat

Proposal

Kritik dan esai

8.

Fabel/legenda daera

Teks drama

 

Teks biografi

Karya ilmiah

Buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)

9,

 

Buku fiksi dan nonfiksi

 

Antologi puisi

Resensi

 

 

 

 

 

Buku fiksi dan nonfiksi

Drama

 

 

 

 

 

 

Buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi

 

 

 

Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia SMP/MTs

 KELAS: VIII

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun  rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching),  yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. 

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut. 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.            Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

 

4.            Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur  teks berita  (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca

4.1    Menyimpulkan isi berita

(membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar

 

3.2   Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi)  yang didengar dan dibaca

4.2    Menyajikan data dan  informasi dalam bentuk berita  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,  atau  aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik)

3.3    Mengidentifikasi informasi teks

iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

4.3    Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber

 

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.4    Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

4.4    Menyajikan  gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster  secara lisan dan  tulis

3.5    Mengidentifikasi informasi teks

eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca

4.5    Menyimpulkan isi teks eksposisi  (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang didengar dan dibaca

3.6    Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks eksposisi  artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang

diperdengarkan atau dibaca

 

4.6    Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi  artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan

3.7    Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca

4.7    Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi  yang diperdengarkan atau dibaca

3.8    Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca

 

4.8    Menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi 

3.9    Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca

4.9    Meringkas  isi  teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari  beragam  sumber yang didengar  dan dibaca

3.10  Menelaah teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca

 

4.10  Menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan

3.11  Mengidentifikasi  informasi pada teks  ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan

4.11  Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar

 

3.12  Menelaah struktur  dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca

 

4.12  Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan 

3.13  Mengidentifikasi jenis  saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca

4.13  Menyimpulkan  isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi

(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.14  Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca

4.14  Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur,

kebahasaan, atau aspek lisan

 

3.15  Mengidentifikasi unsur-unsur  drama (tradisional dan moderen) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah

4.15  Menginterpretasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/didengar

 

3.16  Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas

4.16  Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah

 

3.17  Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

4.17  Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca 

3.18  Menelaah unsur  buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

4.18  Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca  secara lisan/tertulis

 

 

 mereka lebih memilih membuang tempat sampah di pojok kelas, atau bahkan di depan kelas. Ketika saya tanya mengapa mereka melakukan hal tersebut, sebagian besar dari mereka menjawab bahwa mereka melakukan hal tersebut karena tempat sampah yang ada, sangat jauh dari kelas mereka. Mendengar jawaban ini saya menjadi sadar betapa sedikitnya jumlah tempat sampah di sekolah kita.

Sekolah seharusnya menyediakan tempat sampah yang cukup untuk sampah-sampah yang dihasilkan anak didik kita. Sebuah tempat sampah seharusnya diletakkan tiap 10 meter di sekolah kita. Dengan demikian, ketika anak-anak bermaksud membuang sampah mereka, mereka dapat menemukan tempat sampah tersebut dengan mudah. Jadi, tidak ada alasan bagi mereka untuk membuang sampah sembarangan.

Ketika sekolah telah dilengkapi dengan tempat sampah yang cukup, murid-murid tidak akan malas lagi membuang sampah di tempat yang semestinya. Dengan demikian, kebersihan sekolah kita menjadi terjaga. Oleh sebab itu saya menyarankan marilah kita tambah jumlah tempat sampah di sekolah kita sehingga sekolah kita menjadi tempat yang bersih dan sehat bagi anak didik kita.

(Sumber: http://pusatbahasaalazhar.wordpress.com/pesona-puisi/pembagian-jenis-jenis-wacana-genre-teks/)

 

  1. Bagaimanakah struktur organisasi teks eksposisi tersebut? Coba baca kembali teks tersebut dan buatlah bagan struktur organisasi teks eksposisi disertai dengan kalimat yang sesuai dengan struktur tersebut secara berkelompok (tiap kelompok 4 orang)!.

Perlu diketahui bahwa struktur organisasi teks hasill observasi terdiri atas:

 

Jawab:

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

 

 

  1. Bagaimanakah struktur kebahasaan teks eksposisi tersebut? Coba baca kembali teks tersebut dan secara berkelompok carilah penggunaan kalimat tunggal, kalimat majemuk, konjungsi, kata baku dan tidak baku, imbuhan, kelompok kata, dan kelas kata!

 

Jawab:

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

 

  1. Setelah memahami struktur organisasi dan struktur kebahasaannya, coba bersama dengan kelompokmu, temukan bagaimanakah isi teks eksposisi tersebut!

 

Jawab:

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

 

Apakah kalian sudah bisa memahami teks eksposisi tersebut? Jika belum memahami isinya, coba baca teks lain yang memuat paparan/informasi dan lakukan hal yang sama seperti di atas!

 

 

  1. Menanya

Mungkin kalian masih membutuhkan pemahaman lebih lanjut tentang teks eksposisi tersebut. Untuk itu, bacalah teks eksposisi berikut ini!

 

Teks 2

Masalah-Masalah yang Muncul Akibat Obesitas

 

B

erat badan yang berlebihan dalam dunia kesehatan dikenal sebagai obesitas (kegemukan). Obesitas dalam hal ini didefinisikan sebagai sebuah kondisi di mana tubuh manusia menyimpan lemak yang berlebih. Obesitas sangat potensial menyebabkan gangguan pada kehidupan manusia.

Dalam dunia kedokteran, obesitas dikenal sebagai faktor utama penyebab penyakit jantung. Akibat dari kelebihan berat badan, jantung bekerja lebih keras. Jika jantung bekerja terlalu keras, hal ini jelas sangat berbahaya bagi kesehatan. Serangan jantungpun dapat terjadi. Selain itu, obesitas dapat pula meningkatkan kolesterol serta tekanan darah. Tingginya kolestorol dan tekanan darah dapat menyebabkan pembuluh darah pecah sehingga apa yang disebut sebagai stroke, dapat terjadi. Tidak hanya masalah serangan jantung dan stroke, obesitas dapat pula meningkatkan jumlah gula dalam darah. Jumlah gula yang tidak terkontrol ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang kita kenal sebagai diabetes.

Selain masalah kesehatan di atas, obesitas juga dapat mengganggu kehidupan sehari-hari manusia utamanya wanita. Kebanyakan kaum wanita seringkali berusaha keras menjaga tubuh mereka agar terhindar dari obesitas. Bagi kebanyakan wanita, menjadi gemuk adalah sebuah kekurangan. Dengan gemuk, kesempurnaan penampilan mereka menjadi berkurang dan ini tentu saja dapat berpengaruh negatif terhadap kepercayaan diri mereka.

Penelitian-penelitian serius sangat diperlukan untuk meneliti pengaruh obesitas pada manusia. Namun dari apa yang dipaparkan di atas, telah jelas bagi kita bahwa obesitas tidak baik bagi kehidupan manusia.

(Sumber: http://pusatbahasaalazhar.wordpress.com/pesona-puisi/pembagian-jenis-jenis-wacana-genre-teks/)

 

 

Nah sekarang, coba buatlah beberapa pertanyaan yang dapat kamu ajukan terkait dengan bacaan tersebut! Pertanyaan itu bisa meliputi apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaimana?

 

Daftar pertanyaan:

 

  • ________________________________________________________

________________________________________________________

  • ________________________________________________________

________________________________________________________

  • ________________________________________________________

________________________________________________________

  • ________________________________________________________

________________________________________________________

  • ________________________________________________________

________________________________________________________

  • ________________________________________________________

________________________________________________________

 

 

  1. Mengeksplorasi Teks eksposisi

 

Tugas 1

  1. Teks eksposisi berjudul “Tempat Sampah Banyak, Sekolah Sehat” di atas terdiri atas lima paragraf. Coba temukan gagasan utama dan gagasan penjelas yang ada pada setiap paragraf!

 

Paragraf 1:

Gagasan utama: ______________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

 

Gagasan penjelas: _____________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

 

Paragraf 2:

Gagasan utama: ______________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

 

Gagasan penjelas: _____________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

 

Paragraf 3:

Gagasan utama: ______________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

 

Gagasan penjelas: _____________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

 

Paragraf 4:

Gagasan utama: ______________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

 

Gagasan penjelas: _____________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

 

Paragraf 5:

Gagasan utama: ______________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

 

Gagasan penjelas: _____________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

___________________________________________________________

 

 

  1. Jawablah pertanyaan berikut ini!
  2. Apakah ide yang ingin dikemukakan penulis pada teks eskposisi di atas?

Jawab:

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

 

  1. Penulis beranggapan sebagian besar anak-anak kita telah memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi untuk menjaga kebersihan sekolah . Apakah Anda setuju dengan pendepat tersebut?

Jawab:

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

 

  1. Mengapa sekolah seharusnya menyediakan tempat sampah yang cukup untuk sampah-sampah yang dihasilkan anak didik kita?

Jawab:

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

 

  1. Apakah saran yang diajukan penulis pada teks tersebut? Setujukan Anda dengan saran tersebut?

Jawab:

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

 

  1. Apakah simpulan yang kamu dapatkan dari teks eksposisi tersebut? Tuliskan dalam selembar kertas atau pada baris-baris kosong berikut ini!

 

Simpulan:

______________________________________________________________

______________________________________________________________

______________________________________________________________

______________________________________________________________

______________________________________________________________

______________________________________________________________

______________________________________________________________

______________________________________________________________

______________________________________________________________

______________________________________________________________

______________________________________________________________

______________________________________________________________

______________________________________________________________

______________________________________________________________

______________________________________________________________

______________________________________________________________

______________________________________________________________

 

Tugas 2

  1. Coba jawablah juga pertanyaan yang tadi kamu buat berdasarkan teks bacaan berjudul “Masalah-masalah yang Muncul Akibat Obesitas”!

 

Jawaban:

 

  • ________________________________________________________

________________________________________________________

  • ________________________________________________________

________________________________________________________

  • ________________________________________________________

________________________________________________________

  • ________________________________________________________

________________________________________________________

  • ________________________________________________________

________________________________________________________

  • ________________________________________________________

________________________________________________________

 

  1. Sekarang, diskusikan dengan temanmu tentang isi teks tersebut!

 

  1. Setelah itu, petakan bacaan tersebut sesuai dengan struktur teksnya! Untuk memetakan struktur organisasi teks tersebut dapat dilakukan dengan cara mengisi tabel berikut ini.

 

Struktur Teks

Kalimat

Tesis (pembukaan)

 

 

 

 

__________________________________________

 

Argumentasi (isi)

 

 

 

 

__________________________________________

 

Penegasan Ulang (penutup)

 

 

 

 

__________________________________________

 

 

  1. Penutup

Teks dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia MTs harus menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Proses dan hasil belajar diharapkan melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.  Ranah sikap menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar siswa “tahu mengapa.”  Ranah keterampilan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar siswa “tahu bagaimana”. Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar siswa “tahu apa.” 

Hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik  (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

 

Daftar Pustaka

 

Asnawi, dkk. 2016. Pembelajaran Berbasis Teks.PT. Aksara Utama. Surabaya

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). 2015. Kemendikbud. Jakarta

Permendikbud No. 24 tahun 2016