logo-responsive

ACARA KIRAB SANTRI DALAM RANGKA HARI SANTRI NASIONAL TAHUN 2018

Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2018 ini sangat meriah dan dilaksanakan diberbagai wilayah di seluruh Indonesia tak terkecuali di Kota Banjamasin Kalimantan Selatan. Pada hari Selasa Tanggal 23 Oktober 2018, bertempat di Halaman Mesjid Raya Sabilal Muhtadien Banjarmasin sebagai titik kumpul, digelar acara KIrab dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2018.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan dilanjutkan dengan Do’a yang dibawakan oleh Bp. H  Ahmad Sawiti,S.Ag.M.H.I.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ka. Kanwil kementerian Agama Propinsi kalimantan Selatan Bp. Drs. H. Noor Fahmi, MM. Beliau menyampaikan bahwa acara kirab santri pada tahun 2018 ini adalah berkat kerjasama Kanwil Kementerian Agama propinsi Kalimantan Selatan dan Pengurus Wilayah NU Kalsel, dan Tema yang diusung tahun ini adalah ” Bersama Santri Damailah Negeri “

Beliau juga menyampaikan bahwa peringatan Hari Santri pada tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya, karena diikuti oleh kurang lebih 2.500 orang santri yang berasal dari pondok pesantren dan madarasah yang ada di kota Banjarmasin.

Selanjutnya Ketua Tanfidziah PW NU Kalsel Bp. Drs.H. Abdul Haris Makki,M.Si dalam sambutannya menekankan bahwa para santri  nantinya mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa serta menjadi pionir penggerak pembangunan di masa yang akan datang.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan Bp. H.Sahbirin Noor, beliau mengharapkan bahwa para santri harus belajar dan bersungguh – sungguh sehingga nantinya akan menjadi generasi yang mampu bersaing dalam era globalisasi ini.

Setelah memberikan sambutan, Gubernur Kalsel Bp. H.Sahbirin Noor berkenan melepas secara resmi iring – iringan Kirab santri ini. Acara kirab ini disaksikan oleh segenap masyarakat Kota Banjarmasin yang memadati areal Mesjid Raya Sabilal Muhtadien. Antusiasme warga juga tampak dari banyaknya warga yang memadati jalan – jalan yang dilalui oleh para santri peserta kirab.

Acara peringatan Hari Santri ini dhadiri oleh beberapa tokoh masyarakat, pimpinan ponpes madrasah, pejabat pemerintah, dan kepolisian. Tak ketinggalan pula Kepala Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin Bp. H.Zainal Ilmi, S.Ag.M.Pd.I yang juga merupakan salah satu pengurus dalam kepengurusan Tanfidziah PW NU Kalsel turut serta berhadir memenuhi undangan panitia pelaksana acara kirab dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional tahun 2018 ini

BERSAMA SANTRI DAMAILAH NEGERI “

MARI KITA TINGKATKAN UKHUWAH ISLAMIYAH, PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA DALAM BINGKAI NKRI “

 

**Sumber : Syahrial,Humas BDK BJM, Tribun Banjarmasin