logo-responsive

BIMBINGAN TEKNIS ( BIMTEK ) SIMDIKLAT

 

       Bagi seluruh pegawai / PNS baik itu pada jabatan fungsional umum ( JFU ) maupun jabatan fungsional tertentu ( JFT )  Balai Diklat keagamaan ( BDK ) Banjarmasin harus memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai Sitem Informasi kediklatan ( SIMDIKLAT ). Sebagai lembaga yang dipercaya dan bertugas untuk menyelenggarakan diklat khususnya di lingkungan kementerian Agama, maka seluruh PNS yang mengabdi di BDK Banjarmasin harus mempunyai pengetahuan dan pemahaman menyangkut SIMDIKLAT.

      Sehubungan dengan hal tersebut maka pada hari kamis tanggal 02 Agustus 2018 bertempat di gedung BIDURI BDK Banjarmasin dilaksanakan bimbingan teknis ( Bimtek ) mengenai SIMDIKLAT yang diikuti oleh para pegawai BDK Banjarmasin.

( Sebagian peserta Bimtek SIMDIKLAT berfoto dengan Narasumber Bp. P.Alit Mulyadi ( baju sasirangan hijau di tengah ))    

    Bp. Praptaning Alit Mulyadi selaku operator / Pengelola SIMDIKLAT bertindak sebagai narasumber yang memberikan bimbingan teknis ini. SIMDIKLAT merupakan sebuah sistem aplikasi yang bersifat on-line yang berisi sistem pengelolaan informasi mengenai diklat. Unsur – unsur  menyangkut kediklatan seperti mata diklat, narasumber, peserta, jadwal diklat, absensi, penilaian dan lain – lain seluruhnya tertuang dalam aplikasi SIMDIKLAT ini. Aplikasi SIMDIKLAT juga merupakan media yang digunakan oleh Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama Pusat untuk melakukan pengontrolan menyangkut pelaksanaan diklat yang diselenggarakan oleh sebuah Balai Diklat di lapangan.

 

( Suasana pelaksanaan Bimtek SIMDIKLAT di Gedung Biduri BDK Banjarmasin )    

    Menurut narasumber ada beberapa sistem baru pada aplikasi SIMDIKLAT yang berbeda dengan sistem sebelumnya, yaitu antara lain menyangkut sistem absensi barcode, penilaian kelulusan peserta, dan rotasi peserta diklat. Sistem baru ini akan lebih memudahkan penyelenggara diklat dalam pengelolaan dan penyelenggaraan diklat serta memudahkan pengawasan / pengontrolan penyelenggaraan diklat oleh Balitbangdiklat kemenag pusat

      Selama Bimtek SIMDIKLAT ini narasumber menjelaskan mekanisme dan tata cara menginput data diklat pada aplikasi SIMDIKLAT kepada peserta Bimtek. Data – data menyangkut narasumber, mata diklat, peserta diklat, jadwal diklat, absensi barcode dan seterusnya dijabarkan dengan selengkap – lengkapnya dan berurutan

( Tampilan aplikasi SIMDIKLAT dan proses input data pada aplikasi oleh peserta Bimtek )

     Dengan adanya Bimtek SIMDIKLAT ini diharapkan seluruh pegawai BDK banjarmasin memahami dan mampu dalam menjalankan aplikasi SIMDIKLAT ini, sehingga apabila sewaktu – waktu ditugaskan untuk menjadi panitia pelaksana suatu diklat maka mereka akan mampu melaksanakan tugas dengan baik dan benar.

Melalui Bimtek SIMDIKLAT ini, Kita berharap semoga seluruh pegawai pada BDK Banjarmasin bisa menjalankan tugas sebagai penyelenggara diklat dengan baik dan mampu memberikan pelayanan diklat secara maksimal

” SUKSES BDK BANJARMASIN “