logo-responsive

DDWK Di Kabupaten Berau – KALTIM : Diklat Teknis Subtantif Penyusunan Bahan Ajar

 

       Peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru masih menjadi salah satu fokus utama bagi Balai Diklat Keagamaan ( BDK ) Banjarmasin yang harus terus ditingkatkan. Hal ini ditunjukan dengan dilaksanakannya Diklat Teknis Subtantif Penyusunan Bahan Ajar untuk para guru di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Berau Kalimantan Timur. Tim Diklat Di Wilayah Kerja ( DDWK ) BDK Banjarmasin yang terdiri dari Drs. Muhran ( Ketua Tim ), Riva Ratna Sari ( Bid. Akademik ), Lily Jumiaty ( Bid. Admin ), Nor Ahla Agustati ( Bid. Keuangan ), dan H. Asy’ari & Abd. Hamid Salman ( Widyaiswara / Narasumber ) mulai tanggal 06 s.d 11 Agustus melaksanakan kegiatan diklat tersebut.

Acara Pembukaan diklat tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kab. Berau dan dihadiri oleh Kepala kantor kemenag Kab.Berau Drs.H. Alfi Taufiq, MM beserta pejabat struktural kankemenag Kab. berau, Plt. kepala BDK Banjarmasin Drs. H. Abd. Manan, Tim DDWK BDK Banjarmasin, dan seluruh peserta diklat.

       Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan ” Indonesia Raya ” oleh seluruh hadirin yang hadir pada acara tersebut. Selanjutnya  dikumandangkan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan lagu Rohani agama Kristen oleh perwakilan peserta diklat.

 

        Berikutnya Ketua Tum DDWK BDK Banjarmasin Drs.Muhran memberikan sambutan pada acara pembukaan ini. Beliau menyampaikan latar belakang dan tujuan dari diadakannya diklat Teknis Subtantif Penyusunan Bahan Ajar ini.Selain itu beliau juga menyampaikan dasar hukum kegiatan, mata diklat, metode pembelajaran, staf pengajar, anggaran kegiatan, hingga penilaian dan kelulusan peserta. diklat. Tak lupa beliau juga mengucapkan terima kasih atas sambutan dan kerjasama dari seluruh pejabat dan staf kantor kemenag Kab.Berau sehingga kegiatan diklat ini dapat diselenggarakan.

           Plt. Kepala BDK Banjarmasin Drs.H. Abd.Manan tak ketinggalan memberikan sambutan pada acara pembukaan ini.Beliau berpesan agar para peserta bersunguh – sungguh dalam mengikuti diklat ini dari awal hingga akhir. Karena diklat ini sangat penting dalam rangka menambah pengetahuan dan keterampilan para guru mengenai bagaimana menyusun bahan – bahan ajar yang akan digunakan dalam proses pembelajaran disekolah yang baik, tertata, dan terencana dengan baik. Sehingga diharapkan nantinya para guru dapat menyelenggarakan proses pembelajaran di kelas dengan baik sesuai dengan standar mutu dan kualitas yang diharapkan.

 

         Pada akhir acara ini, Kepala Kantor kemenag Kab. Berau berkenan secara resmi membuka kegiatan diklat ini, dan beliau menyematkan / mengalungkan Tanda ( ID ) Pesrta kepada 2 orang perwakilan peserta diklat. Diklat ini diikuti oleh 36orang peserta yang merupakan guru SD /MI, SMP / MTs, dan SMA / MA di lingkungan Kantor KemenagKab.Berau Kalimantan Timur.

     Kita semua berharap bahwa diklat Teknis Subtantif penyusunan Bahan Ajar yang dilaksanakan ini dapat meningkatkan kpengetahuan dan keterampilan para guru sehingga mampu mencapai kompetensi yang diharapkan, Aamiin