logo-responsive

DDWK – Diklat Teknis Subtantif Penilaian Pembelajaran di Kab. Penajam Paser Utara ( KAL- TIM )

        Kembali Tim Diklat Di Wilyah Kerja ( DDWK ) dari Balai Diklat Keagamaan ( BDK) Banjarmasin menjalankan tugas dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kualitas guru / tenaga pendidik khususnya di bawah naungan Kementerian Agama. Kali ini wilayah yang menjadi tempat pelaksanaan diklat adalah Lingkungan Kerja Kantor Kementerian Agama Kab. Penajam Paser Utara ( PPU ) Propinsi Kalimantan Timur..

      Diklat yang dilaksanakan di wilayah Kantor Kemenag PPU ini adalah Diklat Teknis Subtantif Penilaian Pembelajaran dan dilaksanakan mulai tanggal 06 s.d 11 Agustus 2018. Lokasi yang dipergunakan untuk melaksanakan diklat ini di Aula Kantor Kemenag Kab. PPU. Adapun Tim DDWK BDK Banjarmasin terdiri dari Bp. Idea Hudaya ( Ketua Panitia ), Ibu Olga ( Bid. Akademik ), Ayu Miranti A ( Bid. Admin ), Hj. Ratu Kamaliah ( Bid. Keuangan ), serta Anang Nazaruddin dan Hj. Khairunnisa ( Widyaiswara )

        Acara Pembukaan diklat pada tanggal 06 Agustus 2018 dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan ” Indonesia Raya ” dan diikuti oleh seluruh para Pejabat Struktural Kantor Kemenag Kab. PPU, Panitia Pelaksana Diklat, dan seluruh peserta diklat yang menghadiri acara ini.Untuk diketahui bahwa peserta yang mengikuti diklat ini berjumlah 36 orang peserta, terdiri dari guru pendidikan agama dan  guru mata pelajaran lainnya pada tingkat SD, SMP/ MTs. SMA / MA

 

( Prosesi acara pembukaan diklat yaitu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh hadirin yang mengikuti acara pembukaan diklat )

 

          Setelah menyanyikan lagu kebangsaan ” Indonesia Raya “, kemudian dilakukan pembacaan ayat suci  Al Qur’an oleh perwakilan peserta. Setelah itu Ketua Tim DDWK BDK Banjarmasin Bp.Idea Hudaya menyampaikan laporan Panitia Pelaksana menyangkut diklat yang dilaksanakan kali ini.

       Beliau menyampaikan latar belakang dan tujuan pelaksanaan diklat, dasar hukum pelaksanaan, anggaran kegiatan, metode pembelajaran diklat, waktu dan peserta kegiatan, narasumber / pengajar, hingga sistem penilaian dan kelulusan peserta diklat.

         Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Penajam Paser Utara ( PPU ) bp.Drs. H.Maslekhan, beliau mengucapkan selamat datang kepada Tim DDWK BDK Banjarmasin dan mengucapkan terima kasih karena wilayah kerja Kantor Kemenag PPU terpilih menjadi tempat pelaksanaan diklat ini. Beliau mengatakan bahwa diklat ini sangat penting dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman pada guru menyangkut proses pembelajaran khususnya tentang penilaian / evaluasi pembelajaran. Beliau berharap agar seluruh peserta diklat bersungguh – sungguh mengikuti diklat ini karena sangat berguna untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para guru khususnya dlingkungan Kantor Kemenag Kab. PPU.

       Kepala Kantor Kemenag di Akhir sambutannya berkenan membuka secara resmi pelaksanaan Diklat Teknis Subtantif Penilaian Pembelajaran kali ini. Dan acara pembukaan diklat ini ditutup dengan penyerahan / pengalungan Tanda ( ID ) Peserta kepada 2 orang perwakilan peserta diklat. 

 

         Diklat Teknis Subtantif Penilaian Pembelajaran ini sangat berguna bagi para guru karena melalui diklat ini para guru akan diajarkan pegetahuan dan keterampilan mengenai penilaian / evaluasi pembelajaran,baik itu menyangkut hasil belajar siswa maupun metode pembelajaran yang dipergunakan. Sehingga diharapkan nantinya para mampu melakukan penilaian / evaluasi yang baik dan tepat serta mampu untuk menganalisa metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan terhadap para siswa agar diperoleh hasil pembelajaran yang optimal.

( Kepala Kemenag Kab. PPU Drs. h. Maslekhan dan ketua Panitia bp.Idea Hudaya, serta seluruh peserta diklat berfoto bersama seusai acara pembukaan diklat )

SEMOGA SUKSES