logo-responsive

DDWK – Diklat Teknis Subtantif Penilaian Pembelajaran Di Wilayah kankemenag Kab. Kutai Barat ( KALTIM )

    Salah satu elemen penting dalam proses pembeajaran adalah dilasanakannya penilaian / evaluasi pasca dilaksanakannya pembelajaran. Penilaian pembelajaran ini sangat penting untuk mengetahui sejauh mana proses belajar mengajar sukses / berhasil dilaksanakan. Indikator sukses nya pembelajaran di kelas diantaranya adalah tingkat serapan / pemahaman siswa terhadap materi mata pelajaran yang diberikan atau seberapa aktif siswa dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki kemampuan untuk melaksanakan penilaian pembelajaran yang baik sebagai bahan acuan untuk melakukan tindakan / evaluasi selanjutnya.

        Mengingat kondisi yang sangat penting tersebut diatas, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kompetensi guru khususnya di lingkungan Kementerian Agama dalam penilaian pembelajaran bagi guru, maka Tim Diklat Di Wilayah Kerja Balai Diklat Keagamaan ( BDK ) Banjarmasin mulai tanggal 14 s.d 19 Agustus 2018 melaksanakan Diklat Teknis Subtantif Penilaian Pembelajaran di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Barat ( KALTIM ).

                      

      Kegiatan Diklat ini dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kab. Kutai Barat, acara pembukaan diklat ini dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2018 pukul 08.00 Wita dan dihadiri oleh seluruh peserta diklat, panitia pelaksana, dan unsur Pejabat Kantor Kemenag Kab. Kutai Barat.

    Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan ” Indonesia Raya ” oleh seluruh hadirin pada acara pembukaan tersebut. Tim DDWK BDK Banjarmasin terdiri dari Ibu Dra. Erna Zainah, MM ( Ketua Tim ), Ryan Hidayat ( Bid. Akademik ), Misbach Ariani ( Bid. Admin ), Hj. Siham ( Bid. Keuangan ) dan H. Zakariya serta Maria Ulfah ( Widyaiswara )

      Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh perwakilan salah satu peserta.Berikutnya sambutan dari Panitia pelaksana yang disampaikan oleh Ketua Tim DDWK BDK Banjarmasin Ibu Erna Zainah, Beliau menyampaikan latar belakang, tujuan,dan sasaran diklat ini. Tak lupa beliau juga menyampaikan dasar hukum pelaksanaan, anggaran, sistem pembelajaran, narasumber, jadwal kegiatan, peserta diklat,  hingga penilaian kelulusan peserta diklat

 

       Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Kutai Barat Bp. H. Isnaini, S. Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan hak dasar bagi masyarakat untuk beragama. Pemerintah melalui Kemenag memberikan pelayanan bidang keagamaan, Pemahaman keberagaman, peningkatan kehidupan keberagamaan, pendidikan keberagamaan, kerukunan umat beragama, hingga bidang komunikasi informasi, dan komunikasi keagamaan.

        Beliau juga memberikan pesan supaya para peserta diklat bersungguh – sungguh dalam mengikuti diklat ini karena hal ini sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme guru. Pada kesempatan tersebut beliau juga berkenan membuka secara resmi kegiatan diklat ini.

 

         Acara pembukaan diklat ini ditutup dengan pembacaan do’a, dan penyematan Tanda ( ID ) peserta diklat kepada 2 orang perwakilan peserta diklat. Peserta diklat teknis ini seluruhnya adalah guru mata pelajaran agama dan mata pelajaran lainnya pada sekolah SD /MI, MTS / SMP, dan SMA /MA sebanyak 36 orang peserta. 

       Kita semua berharap semoga diklat ini dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru khususnya dilingkungan Kementerian Agama.. Aamiin