logo-responsive

DDWK – Diklat Teknis Subtantif Penilaian Pembelajaran Di Wilayah kankemenag Kota Palangkaraya ( KALTENG )

      Kegiatan Diklat Di Wilayah Kerja ( DDWK ) kembali dilaksanakan oleh Tim Balai Diklat Keagamaan ( BDK ) Banjarmasin, kali ini diklat yang dilaksanakan adalah Diklat Teknis Subtantif Penilaian Pembelajaran. Diklat ini masih ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi para guru khususnya di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Palangkaraya ( KALTENG ). Diklat ini diikuti oleh 36 orang peserta yang terdiri dari 4 orang guru RA, 25 orang guru MI, 6 orang guru MTs,dan 1 orang guru MA. Diklat ini dilaksanakan selama 6 harimulai tanggal 14 s.d 19 Agustus 2018

       Acara pembukaan diklat ini dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kota Palangkaraya pada tanggal 14 Agustus 2018 pukul 08.00 WIB, Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan ” Indonesia Raya ” oleh seluruh peserta diklat, panitia pelaksana, dan para pejabat struktural pada kantor kemenag Kota Palangkaraya. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an .

       Ketua Panitia DDWK BDK Banjarmasin Bp. Mukhiar memberikan sambutan pada acara pembukaan diklat ini dimana beliau sangat berterima kasih atas sambutan dan bantuan dari seluruh Pejabat struktural, ASN, dan semua pihak di lingkungan Kantor Kemenag kota Palangkaraya sehingga kegiatan diklat ini bisa terselenggara. Beliau juga menyampaikan latar belakang, tujuan, dan sasaran dilaksanakannya diklat ini.Selain itu beliau juga menyampaikan dasar hukum pelaksanaan, peserta kegiatan, sistem pembelajaran, jadwal, narasumber, anggaran kegiatan, hingga penilaian kelulusan peserta diklat.

Tim DDWK BDK Banjarmasin terdiri dari Bp. Mukhiar ( Ketua Tim ), Nuryanto ( Bid. Akademik ), M. Syarkani ( Bid. Admin ), Nor Ahla Agustati ( Bid. Keuangan ), dan H. Asy’ari serta Hj. Khairunnisa ( Widyaiswara ).

         Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palangkaraya  Drs. H. Baihaqi, M.AP, dalam sambutannya yang juga menjadi pembekalan awal diklat ini beliau menyampaikan bahwa penilaian pembelajaran merupakan hasil belajar siswa yang sangat penting untuk diketahui oleh para guru. Dalam penilaian tentu harus mempunyai konsep dasar sehingga dalam memberikan penilaian betul – betul objektif dan bersifat adil sesuai dengan kemampuan masing – masing siswa.

         Penilaian pembelajaran ini juga menjadi dasar evaluasi bagi guru untuk menentukan langkah / tindakan lanjutan yang diperlukan menyikapi hasil evaluasi tersebut. Sehingga tujuan dari proses pembelajaran dalam rangka memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada siswa sehingga siswa mampu memahami dan menguasai materi pelajaran yang disampaikan dapat tercapai.

       Beliau juga secara resmi membuka pelaksanaan diklat ini dan berharap semoga diklat ini dapat berjalan dengan lancar, dan tujuan diklat ini dalam rangka meningkatkan kemampuan, kompetensi, dan profesionalisme guru dapat terwujud sesuai dengan yang kita harapkan bersama,,, Aamiin.