logo-responsive

DIKLAT TEKNIS SUBTANTIF PENILAIAN PEMBELAJARAN DI KABUPATEN KATINGAN KALIMANTAN TENGAH

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru / tenaga pengajar, mulai tanggal 04 s.d 09 Juni 2018 Tim Diklat Di Wilayah Kerja ( DDWK ) dari Balai Diklat keagamaan ( BDK ) Banjarmasin melaksanakan Diklat Teknis Subtantif Penilaian Pembelajaran. Diklat teknis ini diberikan kepada guru / tenaga pengajar mata pelajaran yang ada di bawah lingkungan kantor kementerian Agama Kabupaten Katingan Propinsi kalimantan Tengah. Kegiatan diklat ini diikuti oleh sebanyak 36 orang guru / tenaga pengajar mata pelajaran.Tim DDWK dari BDK Banjarmasin terdiri dari Drs. Abd. Manan ( Ketua ), Khairul Anam ( Admin ), Syahrial Noor ( Akademik ), H. Zarkani ( sarana & keuangan ), serta Drs. H. Ahamad Zakariya, M.Pd. dan Abdul Hamid, M.Pd.I ( Widyaiswara )

Atas kerjasama dan bantuan yang luar biasa dari Pimpinan, para pejabat, serta seluruh pegawai pada kantor kementerian Agama Kab. Katingan dengan Tim DDWK BDK Banjarmasin syukur alhamdulillah kegiatan diklat yang diadakan di aula Kankemenag kab. Katingan bisa terlaksana dengan baik.

Kegiatan diklat teknis penilaian pembelajaran bertujuan memberikan diklat kepada tenaga pengajar / guru agar memiliki pengetahuan dan kemampuan yang sesuai kualitas dan kompetensi yang diharapkan.Salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran adalah adanya proses penilaian pembelajaran. melalui proses penilaian pembelajaran ini seorang tenaga pengajar / guru dapat mengetahui penilaian hasil pengajaran terhadap peserta didik. Dari hasil penilaian tersebut dapat dilakukan evaluasi menyeluruh apakah hasil yang diperoleh sudah sesuai dengan diharapkan atau perlu dibuat revisi design pengajaran maupun menentukan ulang strategi pengajaran yang diterapkan agar sesuai dengan kompetensi dan hasil yang diharapkan. Melalui diklat ini para narasumber dari BDK Banjarmasin akan memberikan pelatihan dan pengetahuan bagaimana cara melaksanakan penilaian pembelajaran yang benar dan bagaimana tindak lanjut dari hasil penilaian yang telah dilaksanakan.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran para ASN / PNS dilingkungan kementerian Agama menyangkut tugas dan kewajibannya sebagai abdi negara dan masyarakat, serta kebijakan pemerintah dalam bidang pembangunan bidang agama, Kepala kantor kementerian Agama Kabupaten Katingan Drs. ROSADI, M.Pd berkenan menjadi narasumber yang memberikan Materi Diklat Peningkatan Kualitas Pembangunan Bidang Agama.

Kita semua berharap semoga diklat yang dilaksanakan ini mampu meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kualitas, dan kompetensi dari para tenaga pengajar / guru kementerian Agama sehingga mereka mampu menjadi tenaga pengajar / guru yang berkualitas dan mempunyai kontribusi positif pada pembangunan di negara kita