logo-responsive

DISEMINASI LAPORAN PENELITIAN OLEH WIDYAISWARA BDK BANJARMASIN BP. SYAIFULLAH,M.Pd

      Pada hari selasa tanggal 8 Januari 2019, bertempat di Aula Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin dilaksanakan kegiatan ‘ Diseminasi Laporan Penelitian Implementasi Penguatan Keterampilan ( Reinforcement Skills ) Dalam Proses Pembelajaran Pada Diklat PTK Di Kankemenag Kab. Barito Utara Kalimantan Tengah oleh bp.Syaifullah,M.Pd Widyaiswara Madya pada BDK Banjarmasin.

     Acara diseminasi ini dibuka oleh moderator Bp.H.Abdul Hamid ( Widyaiswara ) dan dihadiri oleh seluruh PNS, Widyaiswara, dan para pejabat di lingkungan BDK Banjarmasin

 

Dihadapan hadirin, bp. Syaifullah,M.Pd menjelaskan secara ringkas mengenai isi dari laporan hasil penelitian tersebut. Mulai dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan,landasan teori, metodologi penelitian, pembahasan hingga kesimpulan penelitian.

       Salah satu kesimpulan penelitian yang disampaikan oleh beliau menunjukan bahwa para peserta diklat motivasinya cukup rendah untuk mengikuti pembelajaran dengan baik, namun sebagian besar hanya karena ingin mendapatkan sertifikat diklat semata.Sehingga melihat kondisi tersebut diperlukan adanya Penguatan Keterampilan ( reinforcement skills ) bagi para widyaiswara agar motivasi peserta diklat untuk mengikuti diklat dengan baik dapat ditingkatkan.

       Peningkatan keterampilan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara baik secara verbal maupun Non Verbal disesuaikan dengan kondisi peserta sehingga tujuan pembelajaran diklat untuk transfer pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan bisa berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan.

 

     Banyak tanggapan yang disampaikan oleh hadirin, antara lain Bp. Surya Subur, Ibu Risdiyati, Bp.Haeruman, Bp.Munir Faqih, dan Bp.H.Asy’ari yang memberikan masukan dan koreksi atas Laporan Penelitian ini.

  

    Tanggapan yang disampaikan oleh para penanggap adalah menyangkut sampel penelitian yang dianggap kurang banyak, detail penilaian, jenis dan titik berat reinforcement skills, aspek spiritual, isntrumen dan metode pendekatan,dan masih banyak lainnya. Atas semua tanggapan dan masukan tersebut Bp. Syaifullah memberikan jawaban dan menerima beberapa masukan untuk menyempurnakan laporan penelitian ini.

          Kepala BDK Banjarmasin H. Zainal Ilmi dalam tanggapan akhirnya mengatakan ” Reinforcement skills atau penguatan keterampilan sebetulnya sudah dilaksanakan oleh para widyaiswara dalam pelaksanaan kediklatan baik diwilayah kerja maupun diklat reguler”. Hal ini dilakukan karena para widyaiswara kita menyadari bahwa reinforcement skills ini dilakukan agar tujuan pelaksanaan pembelajaran dan kediklatan dapat tercapai.

Beliau juga menekankan antara lain bahwa para widyaiswara harus mencintai profesinya tersebut,sehingga dapat lebih menjiwai dan mengembangkan diri demi profesionalisme tugas sebagai seorang widyaiswara

Pada bagian akhir acara diseminasi ini dilakukan penandatangan saksi – saksi pada Berita Acara pelaksanaan Diseminasi oleh Bp. H.Zainal Ilmi dan Bp. H. AbdulManan ( Kepala dan Kasubbag TU BDK Banjarmasin )

         Semoga laporan hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi perkembangan dan peningkatan kualitas para widyaiswara dan kediklatan pada BDK Banjarmasin……Aamiin