logo-responsive

KEGIATAN MONITORING & EVALUASI PASCA DIKLAT DI KAB. BARITO SELATAN ( KAL – TENG )

     Salah satu tugas utama yang diemban oleh Balai Pendidikan Dan Pelatihan Banjarmasin adalah meningkatkan kompetensi guru ( ASN / PNS ) dilingkungan Kementerian Agama ( Khususnya kalimantan Selatan, tengah, Timuyr, dan Utara ) pada lingkup kompetensi padagogik, kepribadian, profesional, dan sosial melalui pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang dilakukan secara variatif dan berjenjang dengan tujuan untuk mempercepat tercapainya standar mutu guru seperti yang diamantkan secara komprehensip melalui Peraturan Pemerintah ( PP ) Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan ( SNP )

     Pelaksanaan pendidikan dan Pelatihan untuk guru yang sudah dilaksanakan mulai bulan Januari sampai oktober 2018 lalu oleh Balai Diklat Keagamaan ( BDK ) Banjarmasin telah sesuai dengan Rencana Diklat yang telah disusun pada tahun sebelumnya.

     Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pelaksanaan diklat yang telah dilaksanakan apakah telah mencapai apa yang diharapkan dalam PP Nomor 19 tahun 2005 diatas seperti kriteria minimal tentang pendidikan dan memiliki kualifikasi akademik sebagai agen pembelajaran untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional maka diperlukan adanya evaluasi pasca diklat.

Evaluasi pasca diklat ini selain untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan pelaksanaan diklat juga diperlukan untuk mengetahui kendala – kendala yang timbul / menghambat tercapainya keberhasilan serta untuk menyerap masukan / informasi tentang hal – hal apa saja yang dibutuhkan untuk pelaksanaan diklat selanjutnya agar tingkat keberhasilan yang diharapkan dapat tercapai.

Salah satu wilayah yang menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan ini adalah lingkungan Satker Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah, Tim yang ditugaskan untuk melaksanakan monev / evaluasi pasca diklat ini adalah Abdul Hamid ( WI ), Anang Nazarudin ( WI ) dan Yusmadi ( TU ).

Kegiatan monev ini berupa pengisian instrumen – instrumen yang telah disusun sebelumnya untuk mengetahui Indek Kepuasan Masyarakat dan Analisis kebutuhan Diklat kepada guru alumnus diklat, atasan alumnus, rekan sejawat alumnus, dan pejabat atasan pada lingkup Kemenag Kab / Kota.

Ada empat lokasi yang menjadi lokasi kegiatan monev ini yaitu kantor Kemenag Kab. Barito Selatan, MIS Ahlusuunah Wal Jamaah ( Aswaja ) Buntok, MTsN Barito Selatan, dan MAN Barito Selatan.

  1. Kantor Kemenag Kab. Barito Selatan

Untuk Lingkup Pejabat Atasan responden untuk pengisian instrumen – instrumen Evaluasi, dilakukan oleh Kepala Kankemenag kab. Barito Selatan H. Abdul Majid Rahimi,  Zaidin ( Kasubbag TU ), dan Alamsyah ( PIC )

           2. MIS Aswaja Buntiok

Pada madrasah ini yang menjadi responden untuk pengisian instrumen – instrumen IKM, AKD, dan evaluasi adalah Hidayaturrahmah ( Alumnus Diklat Teknis Substantif penyusunan bahan Ajar ), Elli ( rekan sejawat ) dan Noor Atikah ( atasan / Kepala Madrasah )

 

         3. MAN Barito Selatan

Pada madrasah ini yang menjadi responden untuk pengisian instrumen – instrumen adalah Ahmad Fahmie ( Diklat Teknis Substantif Qur’an Hadist ), Erliana ( Rekan Sejawat ), dan Muhammad Irfan ( Atasan / Kepala \ Madrasah )

 

        4. MTsN Barito Selatan

Pada Madrasah ini yang menjadi responden untuk pengisian instrumen – instrumen adalah Hj. Masratu Muriani ( Diklat Teknis Substantif Guru Fiqih MTS ),Raudah ( Diklat Teknis Substantif Qur’an Hadist ), Erni Yusnitha ( rekan sejawat ), dan Tintin Kusumaningtyas ( Atasan / Kepala Madrasah )

 

      Melalui isian para responden pada instrumen – instrumen yang disiapkan tersebut diharapkan nantinya setelah diproses maka diperoleh hasil yang objektif mengenai opini dan tanggapan menyangkut kegiatan kegiatan diklat yang telah dilaksanakan dan dapat diketahui kendala / masalah yang mungkin timbul untuk dilakukan antisipasi serta solusi tepat untuk peningkatan mutu dan kualitas penyelenggaraan diklat oleh BDK Banjarmasin di masa yang akan datang.