logo-responsive

KEGIATAN RAKOR SIMDIKLAT TAHUN 2018

KEGIATAN RAKOR SIMDIKLAT TAHUN 2018

Pada tanggal 24 Januari 2018, Sebelum kegiatan lanjutan Rapat Koordinasi ( Rakor ) Simdiklat di Hotel G’Sign Banjarmasin dilaksanakan pada siang ini, Kepala Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin H. Humaidi melakukan bincang – bincang dengan Kasi Tenaga Teknis Pend. Keagaman & Keagamaan Drs. Muhran, Kepala Seksi Tenaga Administrasi Bp. H. Abd. Manan, Ibu Sri Hendriani, dan beberapa panitia pelaksana kegiatan ini menyangkut pelaksanaan kegiatan Rakor Simdiklat ini.

              

Pada sesi siang ini, Acara dibuka oleh Bp. Muhran dan Bp. Abd. Manan, dimana dalam sambutannya beliau berdua mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan keaktifan para peserta kegiatan dan sedikit menyampaikan rencana pelaksanaan Diklat BDK Banjarmasin yang akan dilaksankan pada tahun 2018 dan persiapan rancangan pelaksanaan diklat pada tahun 2019 mendatang.

Bp. H. Humaidi memberikan materi “ Pelaksanaan Program Kediklatan berbasis Nama Tahun 2018 dan Perencanaan Program Diklat Tahun 2019”. Dalam paparanya beliau menyampaikan bahwa hingga tahun 2017 ini masih sangat banyak ASN / PNS Kementerian Agama yang ada di Regioanal Kalimantan ( Selatan, Tengah, Timur, Utara ) baik yang merupakan tenaga Pengajar, Penyuluh, Penghulu, Administrasi, pengawas, dan tenaga teknis lainnya yang belum mendapatkan atau memperoleh Dilkat dalam rangka peningkatan mutu, kualitas, dan kompetensi dari ASN / PNS tersebut agar bisa menjalankan tugas pokok fungsinya dengan baik dan benar sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

Beliau juga menyoroti tentang ketepatan sasaran dari peserta diklat yang diadakan oleh BDK Banjarmasin pada beberapa waktu sebelumnya. Setelah dilakukan evaluasi pelaksanaan diklat pada beberapa tahun sebelumnya, ditemukan indikasi bahwa beberapa peserta yang dikirim oleh Kemenag Kabupaten / Kota untuk mengikuti diklat yang diadakan oleh BDK Banjarmnasin ternyata spesifikasinya tidak sesuai atau ternyata tidak tepat sasaran, misalnya diklat tenaga teknis pengawas pendidikan ternyata yang dikirim oleh Kemenag Kabupaten / Kota adalah seorang tenaga dari adminstrasi umum.

Untuk tahun mendatang peran dari tenaga Pelaksana Administrasi kediklatan ( PIC ) dari Kabupaten / kota yang diikutkan pada Rakor Simdiklat saat ini akan sangat penting dalam rangka pendataan dan sinkronisasi data ASN / PNS Kementerian Agama pada masing – masing spesifikasi tugas jabatan yang diembannya. Sehingga nantinya akan terwujud sinkronisasi data tugas jabatan ASN / PNS Kementerian Agama dalam rangka peningkatan mutu dan kompetensi melalui Diklat yang tepat guna dan tepat sasaran.

Selain itu Bp. H. Humaidi mengungkapkan bahwa mengingat keterbatasan dan anggaran dan tenaga yang dimiliki Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin, maka dalam rangka untuk mempercepat  peningkatan mutu dan kompetensi ASN / PNS Kementerian Agama,  maka untuk mensiasatinya beliau mengaharapkan kerjasama dari Kementerian Agama Kabupaten Kota menyangkut anggaran dan tenaga pelaksana kegiatan agar Diklat ASN / PNS yang kita miliki bisa sesegera mungkin diikutkan diklat dalam rangka meningkatkan mutu dan kompetensinya.

Posted by Yusmadi*BDK-BJM#25-01-2018 & Lukman H

Sources : Syahrial Humas BDK BJM