logo-responsive

MENAG APRESIASI RAPAT KOORDINASI NASIONAL WIDYAISWARA

Surabaya (15 Juni 2017). Setiap institusi yang baik ditopang oleh program-programnya yang baik. Program yang baik itu lahir kalau SDM-nya baik. SDM yang baik itu tidak turun dari langit. Mereka ada karena adanya diklat.

Demikian pernyataan disampaikan oleh Menteri Agama H. Lukman Hakin Saifuddin pada acara Rapat Koordinasi Nasional Widyaiswara yang diselenggarakan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, bertempat di Shangri-la Hotel Surabaya, (15/6/17).

Pada kesempatan ini Menteri Agama merasa bersyukur bisa hadir di acara ini. “Karena acara ini sangat penting. Ini peristiwa langka karena bertemu dengan hampir semua widyaiswara seluruh Indonesia, “turunya

Menteri Agama juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh widyaiswara karena sumbangsihnya bagi Kementerian Agama.

Menteri Agama mengatakan Rapat Koordinasi Nasional ini, selain merupakan forum silaturahim, juga bisa dijadikan medium kita saling meningkatkan kompetensi dan berbagi pengalaman.

Menteri Agama menegaskan ada tiga kompetensi yang harus dimiliki widyaiswara sesuai dengan konteksnya. Pertama, menguasai konten materi atau bahan ajar. Kedua, menguasai metodologi. Dengan penguasaan metodologi ini seorang widyaiswara dituntut mempunyai wawasan yang cukup. Ketiga, kemampuan manajemen terkait manajemen diklat.

Menteri Agama menekankan bahwa diklat yang baik itu faktor utamanya karena adanya widyaiswara yang baik. Karena itu, “dengan adanya Pusdiklat dan Balai Diklat yang akan melahirkan SDM-SDM yang baik, maka pada gilirannya akan melahirkan program-program yang baik, “pungkasnya. (bas/ar) 

Sumber web badan litbang dan diklat kemenag