logo-responsive

Pelaksanaan Diklat Teknis “TATA NASKAH DINAS” di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Kutai Timur ( KAL-TIM )

 

Dalam menyelenggarakan dan mengelola administrasi di suatu organisasi, Kementerian / Lembaga diperlukan suatu sistem tata kelola yang mampu menjamin terselenggaranya administrasi yang baik, tertib, dan mampu memberikan kebutuhan organisasi dan pihak – pihak yang berkaitan menyangkut keadministrasian.Tata Naskah Dinas adalah pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengesahan, distribusi, penyimpanan naskah dinas, dan media yang digunakan dalam kedinasan.

( Tim DDWK dari BDK Banjarmasin beramah tamah dengan Kepala Kemenag Kab. Kutai Timur H. Ambotang di ruang kerja beliau’ ki-ka : Ayu Miranti A, Samadi, Jadwa Amalia, M. Yudil Khairi, Rahmadani, dan H. Ambotang )

Mengingat demikian pentingnya masalah tata naskah dinas tersebut bagi penyelenggaraan sebuah organisasi, maka   Tim Diklat Di Wilayah Kerja ( DDWK ) dari BDK Banjarmasin yang terdiri dari Rahmadani ( Ketua Tim ), Ayu Miranti A ( Bid. Akademik ), H. Syuriani ( Bid. Admin ), Samadi ( Bid. Keuangan ), dan M. Yudil Khairi serta Jadwa Amalia ( Widyaiswara ) melaksanakan tugas untuk menyelenggarakan diklat ” Tata Naskah Dinas ” di wilayah kerja Kantor Kementerian Agama Kab. Kutai Timur mulai tanggal 09 s.d 14 Juli 2018.

Ketua Tim DDWK dari BDK Banjarmasin dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar – besarnya atas bantuan dari semua unsur pimpinan dan staf Kantor Kemenag Kab. Kutai Timur sehingga diklat ini dapat terselenggara. Beliau juga menyampaikan tujuan, dasar hukum pelaksanaan, mekanisme pelaksanaan, peserta, narasumber, hingga anggaran yang digunakan dalam pelaksanaan diklat ini. 

Kepala Kantor Kemenag Kab. Kutai Timur Drs. H. Ambotang dalam sambutannya pada acara pembukaan diklat ini mengharapkan agar para peserta yang mengikuti diklat ini agar bersungguh – sungguh karena diklat ini sangat penting dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ASN / PNS khususnya di lingkungan Kantor Kemenag Kab. Kutai Timur mengenai bagaimana tata kelola naskah dinas yang benar sesuai dengan KMA. Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Tata Naskah Dinas Kementerian Agama. 

Kita semua berharap dengan penyelenggaraan diklat ini akan mampu meningkatkan kemampuan ASN / PNS dalam rangka menyelenggarakan tugas dan tanggung jawab sebagai aparatur negara khususnya masalah tata naskah dinas yang sangat penting dalam rangka kelancaran administrasi instansi agar mampu memberikan kemudahan, kelancaran, kejelasan, dan legalitas administratif semua dokumen, naskah, surat, ketetapan, dan keputusan – keputusan resmi lainnya sehingga mempermudah dan melancarkan koordinasi baik internal maupun eksternal.

 

( Suasana pembukaan acara diklat, dimana seluruh peserta dan hadirin yang hadir menyanyikan lagu kebangsaan ” Indonesia Raya ” )

 

( Drs. H. Ambotang selaku kepala Kemenag Kab. Kutai Timur menyematkanTanda Peserta Diklat / ID kepada perwakilan peserta pada acara pembukaan diklat )