logo-responsive

PELANTIKAN KEPALA BALAI DIKLAT KEAGAMAAN BANJARMASIN

          Balai Diklat Keagamaan( BDK ) Banjarmasin memasuki babak baru,hal ini ditandai dengan adanya pelantikan beberapa pejabat Struktural Eselon III di lingkungan Balitbang Diklat Kementerian Agama RI. Khususnya Balai Diklat Keagamaan( BDK ) Banjarmasin mulai tanggal 21 September 2018 akan dipimpin oleh kepala yang baru. 

Pejabat Kepala BDK Banjarmasin yang baru dilantik tersebut  yaitu bp. H. ZAINAL ILMI, S.Ag.M.Pd.I menggantikan pejabat Kepala sebelumnya bp.Drs. H.HUMAIDI, S.Sos, MAP 

            Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, Ph.D. memimpin Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Eselon III (Jabatan Administrator) di lingkungan Balitbangdiklat. Kegiatan ini bertempat di Aula Ruang Sidang Kemenag RI Jl. M.H. Thamrin Lt 3, Jakarta Pusat.

Acara diawali dengan pembacaan kalam ilahi oleh Ustadz M Arwani, S.Ag dari Direktorat Bimas Islam. Upacara pelantikan kali ini disaksikan oleh Sekretaris Badan Litbang dan Diklat; Kepala Puslitbang LKKMO; Kepala Puslitbang Penda dan Keagamaan; Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan; Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi; Peneliti Ahli Utama; Widyaiswara Ahli Utama; dan dihadiri oleh para Pejabat Struktural Eselon III, IV, para tamu undangan, dan staf Balitbangdiklat.

Pelantikan hari ini, ada 6 (enam) pejabat eselon III, baik pusat maupun daerah yang dirotasi dan juga dipromosikan untuk mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan oleh pejabat sebelumnya. Pelantikan pejabat di lingkungan Balitbangdiklat Kemenag ini merupakan tindaklanjut demi mengisi kekosongan jabatan strategis yang ditinggalkan oleh pejabat sebelumnya. Oleh karena itu, pelantikan Jumat pagi ini sangatlah perlu agar proses pelaksanaan kegiatan tidak terganggu sehingga dapat berjalan sebagaimana mestinya.

           Dalam sambutannya, Mas’ud mengatakan bahwa sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017, “Mutasi dan promosi ini adalah salah satu bentuk pengembangan karir PNS/ASN yang merupakan suatu keharusan dalam penyelenggaraan pemerintah dengan memperhatikan kebutuhan organisasi,” jelasnya.

Ia juga menghimbau bahwa dalam suatu jabatan terdapat amanah yang harus dijalankan dengan baik agar mendapat nilai ibadah sehingga mendapatkan kebaikan bagi diri kita sendiri dan juga orang lain yang harus dilayani. Dengan demikian, seberat apapun tugas dan pekerjaan (job description)/tupoksi akan terasa nikmat dan ringan jika amanah ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Mas’ud mengingatkan bahwa di dalam jabatan yang diemban oleh para pejabat baru ini terdapat tanggung jawab (responsibility) terhadap problem solving dan membina serta membimbing bawahan untuk menjadi lebih baik dengan menjadikan diri sendiri sebagai contoh representasi dari lima (5) nilai budaya kerja Kementerian Agama RI, yakni Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggungjawab, dan Keteladanan.

Guru Besar UIN Walisongo Semarang ini berpesan agar segenap pejabat yang baru dilantik segera menyesuaikan diri terhadap tugas dan pekerjaannya yang baru mengingat akan berakhirnya tahun anggaran serta melanjutkan program kerja yang sudah dirancang oleh pejabat sebelumnya agar dapat selesai dengan baik dan cepat. 

          Adapun nama-nama pejabat yang baru dilantik berikut ini; pertama, H. Zainal Ilmi, S.Ag., M.Pd.I (Pembina IV/a) dari jabatan lama Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Banjarmasin Kalimantan Selatan. Kedua, Drs. H. Bahari, MA (Pembina Tk.I /IV b) dari Jabatan lama Kepala Bidang Program dan Pengendalian Mutu pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kemenag; ketiga, Drs. Saiful Bahri, MA dari (Pembina/IV a) dari Jabatan lama Widyaiswara Ahli Madya pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kemenag; keempat, Dr. Nurudin, S.Pd.I., M.Si dari jabatan lama Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Agama dan Pendidikan Tinggi Keagamaan Puslitbang Penda dan Keagamaan menjadi Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Agama (BLA) Jakarta; kelima, Drs. H. Huriyudin (Penata Tk .I / III d) dari Jabatan Lama Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Lektur Keagamaan pada Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI menjadi Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Agama dan Pendidikan Tinggi Keagamaan Puslitbang Penda dan Keagamaan. Keenam, Nurman Kholis, M.Hum (Penata Tk.I / III d) dari Jabatan Lama Peneliti Ahli Muda pada Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI menjadi Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Lektur Keagamaan pada Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI. (Nasrullah Nurdin/bas/ar).

       Kita semua berharap semoga para pejabat yang baru dilantik tersebut, khususnya Kepala BDK Banjarmasin yang baru dapat membawa perubahan suasana, kinerja, profesionalisme, dan kemajuan yang lebih baik lagi bagi BDK Banjarmasin dimasa yang akan datang .. Aamiin

*Sumber : Balitbang Diklat Kemenag RI