logo-responsive

PEMBUKAAN DIKLAT ( REGULER ) TEKNIS SUBTANTIF GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK, TEMATIK MI, MATEMATIKA MTs, DAN AGAMA HINDU SD

      Balai Diklat Keagamaan ( BDK ) Banjarmasin kembali mengadakan kegiatan diklat dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan SDM Kementerian Agama. Diklat ini difokuskan untuk para guru / pendidik pada tingkatan SD / MI dan MTs. Diklat yang dilaksanakan kali ini yaitu Diklat Teknis Subtantif Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak MTs, Matematika MTs, Agama Hindu SD, dan Tematik MI.

     ( Hj. Hj. Siham Mitha Uthari & Hj. Ratu Kamalia memandu acara pembukaan diklat )

       Acara pembukaan diklat ini dilaksanakan di Aula Utama BDK Banjarmasin pada hari senin tanggal 24 September 2018 dibuka dengan membaca Basmallah kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” untuk memupuk rasa persatuan dan kebangsaan kita semua. Acara pembukaan diklat ini dipandu oleh ibu Hj.Siham dan Hj.Ratu kamalia dari staf Tata Usaha. Kemudian disusul dengan pembacaan ayat – ayat suci Al Qur’an oleh bp. Majeri ( Perwakilan peserta dari diklat Akidah Akhlak )

 ( Kasubbag TU BDK Banjarmasin Dra. Erna Zainah, MM sedang memberikan sambutan pada acara pembukaan diklat )

         Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Subbag Tata Usaha ibu Dra. Erna Zainah, MM mewakili Panitia Pelaksana. Beliau menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan diklat ini adalah meningkatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan para guru agar mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam pembelajaran agar sesuai kompetensi standar yang dipersyaratkan, 

     Sasaran Penyelenggaraan ddiklat ini adalah Terdidik dan Terlatihnya para peserta diklat. BelIau juga menyampaikan dasar hukum, metode pembelajaran, jadwal, anggaran kegiatan,  sistem penilaian dan lain – lain.

        Kegiatan diklat ini diikuti oleh 120 orang peserta untuk 4 jenis kegiatan diklat tersebut diatas ( 30 orang peserta / diklat ) dari Kalimantan Selatan, Tengah, Timur, Utara dan dilaksanakan mulai tanggal 24 s.d 29 September 2018

( Kepala BDK Banjarmasin H. Zainal Ilmi, S.Ag.M.Pd.I sedang memberikan sambutan dan pembekalan awal pada para peserta diklat pada acara pembukaan diklat )

       Ada satu hal yang istimewa pada acara pembukaan diklat kali ini, yaitu sambutan berikutnya sekaligus pembekalan awal serta membuka secara resmi kegiatan diklat ini yang disampaikan oleh Kepala BDK Banjarmasin yang baru saja dilantik pada tanggal 21 September 2018 tempo hari. Beliau adalah bp. H. ZAINAL ILMI, S.Ag.M.Pd.I yang menggantikan kepala sebelumnya bp. Drs. H. HUMAIDI,S.Sos,MAP. Beliau sebelumnya menjabat Kepala Kantor Kemenag Kota Banjarbaru

      Dalam sambutannya beliau memperkenalkan diri kepada seluruh hadirin yang hadir pada acara pembukaan kali ini serta mengucapkan selamat datang pada para peserta diklat. Beliau juga menekankan bahwa diklat ini sangat penting dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi para guru agar mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar para siswa.

 

( Para hadirin dan seluruh peserta diklat serius mengikuti dan mendengarkan sambutan dan arahan dari kepala BDK Banjarmasin pada acara pembukaaan diklat )

        Beliau juga mengutip hadist / ayat AlQur’an yang artinya ” Barang siapa berusaha maka akan berhasil / dapatlah dia ” dan ” Allah tidak akan merubah kondisi / keadaan suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang harus berusaha merobahnya ” kutipan tersebut beliau sampaikan untuk memberikan semangat / motivasi agar peserta diklat bersungguh – sungguh dan penuh semangat dalam mengikuti diklat demi meningkatkan kemampuan dan kompetensi mereka.

      Pada akhir acara pembukaan ini dilakukan penyematan Tanda / ID peserta diklat secara simbolis oleh Kepala BDK Banjarmasin H. Zainal Ilmi, S.Ag. M.Pd.I kepada 4 orang perwakilan peserta dari 4 kegiatan diklat yang diselenggarakan. Keempat perwakilan tersebut yaitu Siti Rabiatul Sa’diah ( Diklat Guru Tematik dari Kal-Sel ), Anisa ( Diklat Guru Matematika MTs dari Kal – Teng ), Warsini ( Diklat Guru Akidah Akhlak MTs dari Kal- Tim ), dan Herwanti ( Guru Agama Hindu SD dari Kal – Teng )

 

( Prosesi penyematan / pengalungan Tanda / ID Peserta kepada 4 orang perwakilan peserta Diklat oleh Kepala BDK Banjarmasin )

 

      Dan untuk mendapatkan berkah dan ridho Allah SWT acara pembukaan ini ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh bp.Marzuki ( Peserta diklat guru akidah akhlak )

 

    Kita semua berharap semoga pelaksanaan diklat ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,dan apa yang menjadi harapan kita semua melalui diklat ini untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dapat tercapai sesuai yang diharapkan. Aamiin

( Sebagian anggota panitia pelaksana dari BDK Banjarmasin yang bertindak sebagai penyelenggara acara pembukaan diklat )