logo-responsive

PEMBUKAAN DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF KARYA TULIS ILMIAH WIDYAISWARA BDK BANJARMASIN

       Widyaiswara merupakan unsur pelaksana terdidik dan profesional dalam sebuah lembaga pendidikan dan latihan ( Diklat ) sebagaimana Balai Diklat keagamaan ( BDK ) Banjarmasin. Selain mengemban tugas sebagai pelaksana akademisi pembawa / penyampai materi dalam sebuah diklat, para widyaiswara juga dituntut untuk mampu mengembangkan diri yang dipersyaratkan oleh peraturan diantaranya dalam penyusunan unsur yang tertuang dalam pengajuan DUPAK Widyaiswara. Salah satu unsur yang dipersyaratkan tersebut adalah membuat karya Tulis Ilmiah.

Melihat kondisi tersebut diatas, maka BDK Banjarmasin mulai tanggal 17 s.d 22 Oktober 2018 mengadakan Diklat Teknis Substantif Karya Tulis Ilmiah bagi Widyaiswara dan Calon Widyaiswara yang ada di BDK banjarmasin.

Acara pembukaan diklat tersebut dilaksanakan di Aula Utama BDK Banjarmasin pada tanggal 17 Oktober 2018 dan dihadiri oleh seluruh unsur Pimpinan dan pejabat struktural serta PNS BDK Banjarmasin.

     Acara pembukaan diklat ini dipandu oleh oleh ibu Olga dan Niken Sayuti dan dibuka dengan pembacaaan Basmallah. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh hadirin

     Kemudian untuk mendapatkan Ridho Allah acara dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur’an oleh H. Abdul Hamid, S.Pd.M.M.Pd

     Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia Pelaksana yang disampaikan oleh Drs. H. Abd. Manan.Beliau menyampaikan latar belakang dilaksanakannya diklat KTI bagi widyaiswara ini adalah agar dalam menjalankan fungsinya sebagai widyaiswara diharapkan mampu melaksanakan tugas yang diemban dalam upaya pengabdian kepada bangsa dan negara serta memilki etika dan moral serta kinerja yang profesional.

      Selain itu beliau menyampaikan juga menyampaikan dasar hukum, kurikulum, tenaga pengajar, anggaran, tujuan, waktu pelaksanaan, dan sasaran penyelenggaraan. Dimana tujuan diklat ini untuk meningkatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan agar mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai widyaiswara sesuai dengan kompetensi standar yang dipersyaratkan.

Peserta dan sasaran diklat kali ini adalah 21 orang widyaiswara dan 4 orang calon widyaiswara yang dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai widyaiswara.

      Sambutan berikutnya disampaikan oleh H. Zainal Ilmi, S.Ag.M.Pd.I Kepala BDK Banjarmasin sekaligus sebagai pembekalan awal pada penyelenggaraan diklat ini. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Diklat Teknis Substantif Karya Tulis Ilmiah ( KTI ) kali ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan, dan hal ini merupakan upaya  agar widyaiswara BDK Banjarmasin semakin kompeten dalam penulisan penulisan KTI dan dapat berkontribusi positif dalam mencerdaskan bangsa melalui tulisannya.

Selain  itu beliau juga menyinggung Permen PAN RB  No.22 tahun 2014 Tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara dan Angka Kreditnya pada Bab. V Unsur dan Sub Unsur kegiatan dan rinciannya pasal 8 huruf D sub unsur pengembangan profesi angka 1 menyebutkan, kewajiban pembuatan karya tulis / karya ilmiah dalam bidang spesialisasi keahliannya atau dalam lingkup kediklatan

Beliau berharap dengan dilaksanakannya DTS KTI bagi widyaiswara ini karya / tulisan ilmiah para widyaiswara BDK Banjarmasin akan semakin bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat dan bermanfaat untuk semua kalangan baik itu user, stakeholder, maupun masyarakat luas.

 

Setelah memberikan sambutan dan pembekalan awal, kepala BDK Banjarmasin berkenan membuka secara resmi pelaksanaan DTS Karya Tulis Ilmiah widyaiswara ini, dan secara simbolis menyematkan Tanda ( ID ) Peserta Diklat kepada 2 orang perwakilan peserta Riyan Hidayat dan Jadwa Amalia

Untuk mengharapkan Berkah Allah untuk semua hadirin dan kegiatan yang akan dilaksanakan ini, pada akhir acara ini ditutup dengan do’a oleh ust. Abdul Munir ( WI )