logo-responsive

PEMBUKAAN DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF PENGAWAS MUDA DAN MADYA DI BDK BANJARMASIN

     Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan para pengawas Ahli Muda dan Ahli Madya pendidikan dilingkungan Kementerian Agama, maka Balai Diklat Keagamaan ( BDK ) Banjarmasin mengadakan kegiatan Diklat Teknis Subtantif Pengawas Ahli Muda dan Pengawas Ahli Madya yang berlangsung mulai tanggal 03 s.d 14 Oktober 2018.

     Acara pembukaan diklat tersebut dilaksanakan di Aula Utama BDK Banjarmasin pada tanggal 03 Oktober 2018 dan dihadiri oleh segenap pejabat / Kepala Seksi,Koordinator Widyaiswara dan widyaiswara, panitia pelaksana, ASN / PNS, dan para peserta diklat 

     Acara pembukaan diklat yang dipandu oleh ibu Ayu Miranti Amara dan Siti Ramdaniah dibuka dengan membaca Basmallah dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh Hadirin serta pembacaan Kalam Ilahi Ayat Suci Al Qur’an oleh perwakilan peserta diklat.

 

      Acara selajutnya adalah sambutan dari Panitia Pelaksana yang disampaikan oleh Drs.H.Abd. Manan ( Kepala Seksi Diklat Teknis Administrasi ). Beliau meyampaikan latar belakang dilaksanakannya diklat ini yaitu bahwa dalam menjalankan fungsinya sebagai Fungsional pengawas Ahli Muda dan Pengawas Ahli Madya diharapkan mampu melaksanakan tugas yang diemban dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara memiliki, etika moral serta kinerja yang profesional.

Tujuan dari penyelenggaraan diklat ini adalah untuk meningkatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan agar mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Fungsional Pengawas Ahli Muda dan Ahli Madya sesuai dengan standar kompetensi yang dipersyaratkan.

     Selain itu beliau juga menyampaikan dasar hukum pelaksanaan, anggaran kegiatan,jadwal, metode pembelajaran, widyaiswara / Narasumber, kurikulum, serta penilaian kelulusan menyangkut kegiatan diklat ini.

    Berikutnya adalah sambutan dari Kepala Balai Diklat ( BDK ) Banjarmasin H. Zainal Ilmi, S.Ag.M.Pd.I sekaligus memberikan Pembekalan awal. Beliau mengucapkan selamat datang kepada para peserta diklat dan megucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu / berperan mempersiapkan dan menyelenggarakan diklat ini.

    Sehubungan dengan penyelenggaraan diklat kali ini, beliau menyinggung KMA Nomor 75 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pedidikan dan Pelatihan pegawai di Lingkungan Kementerian Agama yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis peserta diklat berupa pengetahuan,keahlian, dan keterampilan, PMA Nomor 2 Tahun 2012 dan PMA Nomor 31 Tahun 2013 Tentang Pengawas, serta Permenpan RB Nomor 21 Tahun 2010 pasal 5 tentang 9 Tugas pokok pengawas

Untuk mampu mencapai semua tujuan diatas Kepala BDK Banjarmasin berpesan agar para peserta diklat bersungguh- sungguh dalam mengikuti semua kegiatan dan pembelajaran yang diprogramkan supaya tujuan diklat agar para Pengawas Ahli Muda dan Ahli Madya yang menjadi peserta diklat ini dapat memperoleh peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan keahliannya sebagai bekal dalam menjalankan tugas kepengawasan di tempat tugas masing – masing.

    Setelah selesai memberikan sambutan dan pembekalan awal,  Kepala BDK Banjarmasin berkenan membuka secara resmi kegiatan diklat ini. Hal tersebut ditandai dengan pengalungan tanda peserta diklat secara simbolis kepada 2 orang perwakilan dari Diklat teknis subtantif Pengawas Ahli Muda dan Ahli Madya.

 

Acara pembukaan diklat ini ditutup dengan pembacaan doa oleh perwakilan peserta, semoga kegiatan diklat ini berjalan dengan baik dan lancar….Aamiin