logo-responsive

PEMBUKAAN DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF PENYULUH AGAMA NON PNS DIKAB. KAPUAS

PEMBUKAAN DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF PENYULUH AGAMA NON PNS DIKAB. KAPUAS

KALIMANTAN TENGAH, 3 s.d 9 MARET 2018

 

Kegiatan diklat di wilayah kerja ( DDWK ) Tim Balai Diklat Banjarmasin selanjutnya dilaksanakan di Lingkungan Kantor kemenag Kabupaten Kapuas, tepatnya adalah Diklat Teknis Substantif Penyuluh Agama Non PNS. Tim / panitia dari BDK Banjarmasin yaitu Surya Subur ( Ketua ), Misbah Ariani ( Bid. Akademik ), Ayu Miranti A (Bid.Admin ), Siti Ramdaniah ( Bid.Keuangan ), dan H. Haeruman & Yasir Arafat ( Widyaiswara ).

Kegiatan diklat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para penyuluh agama non PNS agar memiliki kompetensi yang layak sehingga mampu melaksankan tugas kepenyuluhan agama ditengah masyarakat / umat beragama dengan baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah.

Para peserta yang mengikuti kegiatan diklat ini berjumlah 36 orang peserta, terdiri dari penyuluh agama Non PNS agama Islam, Kristen, Katholik, dan Hindu

Tampak pada gambar diatas widyaiswara Bp. Yasir Arafat & H.Haeruman sebagai Narasumber memberikan materi dan bimbingan kepada parapeserta diklat.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan diklat ini antara lain kebijakan pemerintah dibidang keagamaan, peningkatan kualitas penyuluh agama, wawasan kebangsaan, BLC, komunikasi penyuluh agama, penanggulangan narkoba dan faham radikal, dan yang lainnya. Selain itu dalam diklat ini juga dilakukan Pre test untuk mengetahui pemahaman dan pengetahuan dasar para peserta diklat tentang bidang kepenyuluhan agama sebagai dasar untuk menentukan arah dan perencanaan pelaksanaan diklat nantinya. Setelah akhir pelaksanaan pemberian materi diklat dilakukan Post tes untuk mengetahui seberapa serapan pengetahuan dan peningkatan pemahaman peserta diklat terhadap materi – materi yang telah disampaikan oleh narasumber. Dan hasil post tes ini juga sebagai bahan evaluasi bagi panitia diklat untuk membuat perencanaan dan perbaikan di masa yang akan datang.

Dalam pelaksanaan diklat ini juga selalu dilaksanakan diskusi – diskusi kelompok yangberguna untuk menggali pengetahuan, berbagi informasi dan pengalaman, serta untuk meningkatkan kerjasama antar peserta diklat.

Kegiatann diklat teknis substantif penyuluh agama Non PNS berakhir pada tanggal 9 Maret 2018, dan ditutup secara resmi oleh Bp.H.Hamidan ( Kasub.Bag. TU ) mewakili Kepala Kantor Kemenag Kab.Kapuas. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Tim DDWK BDK Banjarmasin atas pelaksanaan diklat ini, para peserta diklat yang telah dengan serius dan bersungguh – sungguh dalam mengikuti diklat, dan seluruh unsur kemenag Kab.Kapuas yang telah ikut serta membantu mensukseskan pelaksanaan diklat ini sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancar.. Alhamdulillah