logo-responsive

Pembukaan Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia , Manajemen Berbasis Madrasah, Dan Guru Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Madrasah Aliyah

          Kegiatan diklat dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi ASN / PNS dilingkungan Kementerian Agama kembali dilaksanakan di Balai Diklat Keagamaan ( BDK ) Banjarmasin. Diklat yang dilaksanakan kali ini  adalah Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia , Manajemen Berbasis Madrasah, Dan Guru Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Madrasah Aliyah. Diklat ini diikuti sebanyak 90 orang peserta untuk 3 jenis diklat ( 30 orang peserta setiap kegiatan diklat ) yang merupakan Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, dan guru mata pelajaran dari lingkungan Kantor Kementerian Agama Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara. Kegiatan diklat ini berlangsung mulai tanggal 24 s.d 29 Agustus 2018.

        Acara pembukaan Diklat Teknis Subtantif Peningkatan Kompetensi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia , Manajemen Berbasis Madrasah, Dan Guru Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Madrasah Aliyah ini dilaksanakan di Aula Utama BDK Banjarmasin pada tanggal 24 Agustus 2018 serta di hadiri oleh para pejabat BDK Banjarmasin seperti Plt. Kepala BDK Banjarmasin bp. Drs. H. Abd. Manan, Kasubbag TU ibu Dra. Erna Zainah, MM, Koordinator Widyaiswara bp. Yaser Arafat, para widyasiwara, ASN / PNS BDK Banjarmasin, serta para peserta diklat.

( Pembawa acara ibu Ayu Miranti A didampingi ibu Misbah Ariyani bertindak sebagai mc / panitia dalam acara pembukaan diklat )

Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan ” Indonesia Raya ” yang dipandu oleh ibu Tutik Nihayati ( perwakilan peserta diklat ) oleh seluruh hadirin yang hadir. Hal ini sebagai pengingat bahwa kita semua adalah satu bangsa Indonesia dan untuk memupuk rasa persatuan diantara seluruh peserta diklat.

 

( Seluruh hadirin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya )

Setelah itu dilanjutan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Drs.H. Baihaqi ( perwakilan peserta ), hal ini agar semua kegiatan yang kita laksanakan mendapatkan berkah dan rahmat dariAllah SWT, Aamiin.

         Berikutnya adalah sambutan / laporan panitia pelaksana diklat yang disampaikan langsung oleh Kasubbag. TU ibu Dra. Erna Zainah, MM. Beliau menyampaikan latar belakang pelaksanaan diklat, dasar hukum / landasan pelaksanaan diklat, anggaran kegiatan, peserta kegiatan, dan waktu / jadwal kegiatan diklat. 

Beliau juga menyampaikan bahwa sasaran diklat ini adalah terdidik dan terampil, yaitu peserta diklat akan menjadi ASN / PNS Kementerian Agama yang terdidik dan memiliki keterampilan sesuai yang diharapkan. Dan tujuan dari diklat ini adalah untuk meningatkan kemampuan dan kompetensi yang dipersyaratkan sebagai bekal agar dapat melaksanakan tugas sesuai mutu dan kualitas yang diharapkan

        Sambutan terakhir diberikan oleh Plt. BDK Banjarmasin Drs. H.Abd. Manan, beliau menekankan bahwa kegiatan diklat ini merupakan sebuah upaya dari Pemerintah melalui Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi ASN / PNS Kementerian Agama. Kemampuan dan kompetensi tersebut menyangkut pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan profesional

Oleh sebab itu beliau berpesan agar seluruh peserta diklat bersungguh – sungguh mengikuti diklat ini agar mampu meningkakan kemampuan dan kompetensi diri serta menjalankan amanah yang telah diberikan oleh para pimpinan / Kepala Kantor Kementerian Agama masing – masing wilayah yang menugaskan mereka.

       Acara pembukaan ini diakhiri dengan pembacaan do’a  yang dipimpin oleh bp.Hunaidi ( perwakilan peserta diklat Manajemen Berbasis Madarasah ). Semoga Allah memberikan berkah dan rahmat NYA sehingga diklat ini bisa berjalan dengan lancar dan tujuan yang ingin dicapai dapat dicapai,  Aamiin.

 

      Sebelum acara pembukaan ini ditutup dilakukan penyematan / pengalungan Tanda ( ID ) Peserta Diklat yang dilakukan oleh bp. Drs. H. Abd.Manan ( Plt Kepala BDK ), ibu Dra. Erna Zainah, MM ( Kasubbag. TU ), dan bp. Yaser Arafat ( Koordinator Widyaiswara ) kepada perwakilan peserta diklat  Suhairi ( Diklat Manajemen Berbasis Madrasah ), Erliana ( Diklat Pembelajaran Berbasis Multimedia ), dan Arbain ( Diklat Guru Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist MA )

  

( Penyematan / pengalungan Tanda ID Peserta diklat kepada 3 orang perwakilan dari 3 kegiatan diklat )

 

Semoga kegiatan diklat ini berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada kendala apapun, dan semoga apa yang menjadi harapan kita bersama dapat tercapai sesuai harapan kita bersama.