logo-responsive

Penerapan Absensi dengan Alat Pembaca ‘BARCODE ‘ Pada Pelaksanaan Diklat Di BDK Banjarmasin

       

       

          Penerapan absensi peserta diklat dengan menggunakan Alat Pembaca BARCODE sudah menjadi keharusan dalam rangka menjaga mutu/ kualitas serta penerapan absensi elektronik yang bisa terkses secara online. Hal ini untuk menghindari adanya kemungkinan terjadinya pelanggaran – pelanggaran yang mungkin timbul dari peserta diklat dalam mengikuti pembelajaran.

           Salah satu indikator penilaian kelulusan peserta diklat adalah kedisplinan dan absensi. Dengan adanya absensi sistem BARCODE yang terhubung dan terekam  langsung dengan aplikasi Simdiklat yang dapat dilihat pada aplikasi di layar monitor ini memberikan efek positif dimana para peserta diklat menjadi lebih disiplin lagi dalam mengikuti setiap sesi pembelajaran yang di laksanakan pada waktu ada kegiatan diklat.

       

           Penerapan absensi sistem BARCODE ini salah satunya diterapkan pada kegiatan Diklat Teknis Subtantif  Media Pembelajaran Berbasis Multimedia se Kalimantan Selatan, Tengah, Timur, dan Utara yang berlangsung mulai tanggal 24 s.d 29 Agustus 2018 ini,

 

     

       Seperti yang ditunjukan beberapa foto berikut, tampak bp. Mukhiar ( Panitia Bidang Akademik ) sedang melaksanakan absensi sistem BARCODE pada para peserta diklat. Proses absensinya yaitu dengan mengarahkan alat pembaca yang sudah terhubung dengan aplikasi Simdiklat ke susunan Barcode pada Tanda ID peserta diklat. Dimana setiap Tanda ID peserta diklat sudah tercetak Barcode yang mempunyai angka / nomor peserta tertentu. Absensi dilakukan pada setiap jam pergantian mata diklat

 

           Semoga penerapan sistem absensi dengan Barcode ini akan semakin meningkatkan kualitas pelaksanaan diklat yang diselengggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin.