logo-responsive

Pengelola Website dituntut untuk lebih Aktif dan Inovatif

Pengelola Website Dituntut Untuk Lebih Aktif Dan Inovatif

posted, yusmadi@bangyoes

Dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan dan Pengelolaan Website pada Unit Kerja dilingkungan Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI yang dilangsungkan di Aston Kuta Hotel & Ressidence Bali tanggal 1 – 3 Maret 2018 lalu, ada satu point penting yang dituntut dari para pengelola website dilingkungan Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI yaitu bahwa mereka harus lebih Aktif dan Inovatif lagi dalam mengelola berita.

Menurut Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Sekjen Kemenag RI  Dr. Masduki sewaktu menjadi narasumber pada kegiatan Bimtek tersebut menyatakan bahwa Website kemenag adalah merupakan jendela informasi untuk membangun citra dihadapan publik, dalam hal ini menyangkut kegiatan – kegiatan dan tugas yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama.

Oleh karena itu agar bisa menarik minat dan atensi publik untuk membuka dan mengakses berbagai informasi yang tersedia dalam website harus bisa menarik minat dari publik. Karena bagaimanapun website mempunyai fungsi sebagaimana iklan yang diperlihatkan kepada publik, agar bisa menarik keinginan publik maka website harus bisa memberikan sesuatu yang menarik dan dibutuhkan oleh publik. Selain menarik website juga harus mempunyai unsur mudah untuk diakses agar lebih menarik minat pengakses.

Penjelasan yang disampaikan oleh Dr.Masduki menjadi perhatian serius dari para peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek tersebut. Beberapa hal menyangkut fitur, menu, tampilan, info, dan banner adalah beberapa hal yang bisa dibuat inovasi / kreasi oleh para pengelola website agar lebih menarik dan memudahkan publik untuk mengakses sebuah website.

Selain itu website ini merupakan suatu wadah bagi seluruh ASN /PNS di lingkungan Balitbang dan Diklat kemenag seluruh Indonesia untuk menampilkan hasil kerja, informasi, artikel, hasil penelitian, pelaksanaan tugas, opini, ulasan, bedah buku dan lain – lainnya menyangkut tugas jabatan masing – masing agar bisa diketahui publik secara luas dan bisa bermanfaat bagi banyak pihak.