logo-responsive

PENUTUPAN DIKLAT TEKNIS SUBTANTIF PEMBELAJARAN TEMATIKMI, GURU AKIDAH AKHLAK MTs, GURU MATEMATIKA MTs, DAN GURU AGAMA HINDU

       Kegiatan Diklat Teknis Subtantif Pembelajaran Tematik MI, Guru Akidah Akhlak MTs, Guru Matematika MTs, dan Guru Agama Hindu SD yang berlangsung sejak tanggal 24 September 2018 pada hari sabtu tanggal 29 September 2018 resmi berakhir dan ditutup.

      Acara penutupan diklat tersebut dilaksanakan di Aula Utama BDK Banjarmasin dihadiri oleh seluruh peserta diklat dari 4 angkatan ( 120 orang peserta ), panitia pelaksana, Kepala dan Para pejabat Struktural BDK Banjarmasin, Koordinator dan para widyaiswara,serta ASN / PNS BDK Banjarmasin.

       Acara penutupan diklat yang dipandu oleh ibu Hj. Ratu Kamaliah dan ibu Hj. Siham sebagai pembawa acara dibuka dengan membaca Basmallah. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Nasional ” Padamu Negeri ” yang dipandu oleh ibu Mindawati ( perwakilan Peserta diklat ).dan diikuti oleh seluruh hadirin.

 

       Berikutnya diperdengarkan lantunan ayat suci Al Qur’an yang sangat merdu oleh sdr. Majeri, perwakilan peserta diklat Akidah Akhlak sebagai bentuk khitmat dan syukur kita kepada Allah SWT.

      Acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari peserta yang dalam hal ini diwakili oleh sdr. Abdul Gafar perwakilan peserta dari Diklat Tematik MI. Beliau menyampaikan kesan selama mengikuti diklat ini, dimana beliau merasa bahwa dengan mengikuti diklat ini baru terbuka pengetahuan dan pemahaman bagaimana cara mengelola dan membuat perangkat pembelajaran yang baikdan benar di kelas yang selama ini kurang mereka fahami.

Berkat arahan dan bimbingan dari para Narasumber / widyaiswara BDK Banjarmasin selama pembelajaran ini mereka mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam proses pembelajaran yang benar dan sangat berguna nantinya untuk mereka terapkan dikelas. Beliau juga berharap nantinya diklat – diklat yang penting bagi guru seperti ini akan terus diadakan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru.

    Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Panitia pelaksana yang disampaikan oleh bp. Mukhiar. Beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan diklat 4 angkatan yaitu Diklat Teknis Subtantif Pembelajaran Tematik MI, Guru Akidah Akhlak MTs, Guru Matematika MTs, dan Guru Agama Hindu SD telah dinyatakan selesai. peserta diklat yang direncanakan sebanyak 120 orang juga telah terpenuhi. begitu juga dengan semua materi pembelajaran yang dijadwalkan dalam masing – masing kegiatan diklat juga telah tuntas disampaikan.

     Alhamdulillah selama pelaksanaan diklat ini hampir tidak ada kendala yang berarti dan semuanya bisa berjalan dengan lancar.Beliau juga mengingatkan agar para peserta diklat masih mempunyai kewajiban untuk menyerahkan Rencana Tindak Lanjut ( RTL ) yang merupakan 40 % dari komponen penilaian kelulusan yang harus diserahkan paling lambat 30 hari setelah pelaksanaan ini dinyatakan selesai.

      Sambutan terakhir sekaligus merupakan pembekalan akhir diberikan oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan ( BDK ) Banjarmasin Bp. H.Zainal Ilmi, S.Ag. M.Pd.I. Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh panitia, manajemen, peserta, dan semua pihak sehingga pelaksanaan diklat ini bisa berjalan dengan lancar. Seluruh materi pembelajaran yang telah disampaikan dalam 4 angkatan diklat ini semoga dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi para guru yang nantinya akan mampu meningkatkan kompetensi para guru sesuai yang dipersyaratkan.

Beliau juga menekankan agar para peserta diklat mampu mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti diklat ini dalam menjalankan tugas di tempat masing – masing agar menjadi lebih baik lagi di masa mendatang dalam rangka meningkatkan keberhasilan proses belajar dan mengajar / pendidikan di sekolah.

      Setelah selesai memberikan pembekalan akhir tersebut, Bp. H. Zainal Ilmi, S.Ag. M.Pd.I berkenan menutup secara resmi pelaksanaan Diklat Teknis Subtantif Pembelajaran Tematik MI, Guru Akidah Akhlak MTs, Guru Matematika MTs, dan Guru Agama Hindu SD ini.

Kemudian secara simbolis beliau dengan didampingi oleh Kasubbag TU, Panitia Pelaksana, dan Koordinator Widyaiswara berkenan melepaskan tanda /ID peserta diklat kepada 4 orang perwakilan peserta.

 

Perwakilan peserta tersebut yaitu Eaca Yana ( Diklat Guru Matematika MTs, Laila ( Diklat Guru Akidah Akhlak ), Sumadi ( Diklat Guru Agama Hindu ), dan Edianto ( Diklat Guru  Tematik MI )

 

        Dan untuk mengharap Berkah dan Rahmat Allah SWT, acara penutupan diklat ini diakhiri dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh perwakilan peserta bp. Marzuki

 

    Semoga diklat yang diselenggarakan ini mampu meningkatkan kompetensi dan profesionalime para guru khususnya dibawah Kementerian Agama sehingga mampu menciptakan pendidikan yang baik, bermutu, dan berkualitas sesuai dengan harapan kita semua …Aamiin.