logo-responsive

PENUTUPAN LATIHAN DASAR CPNS GOL. III KEMENTERIAN AGAMA SE KALIMANTANSELATAN, TENGAH, DAN TIMUR

    Penyelenggaraan Pelatihan Dasar ( LATSAR ) CPNS Golongan III Kementerian Agama Sekalimantan Selatan, Tengah, Dan Timur di Balai Diklat Keagamaan ( BDK ) Banjarmasin yang berlangsung mulai tanggal 30 April s.d 11 Oktober 2018 secara resmi selesai dilaksanakan. Acara penutupan ini di selenggarakan di Aula Utama BDK Banjarmasin pada hari kamis tanggal 11 Oktober 2018.

     Acara penutupan ini dibuka dengan membaca basmallah, dan dilanjutkan dengan pembacaan Ayat suci Al Qur’an oleh perwakilan peserta. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kesan / pesan oleh perwakilan peserta. Dalam kesempatan ini disampaikan bahwa para peserta mengucapkan terima kasih kepada para widyaiswara, narasumber, panitia, dan seluruh manajemen BDK Banjarmasin atas segala bimbingan, arahan, dan pelayanan yang diterima selama mengikuti Latsar ini. Dan semoga apa yang didapatkan selama mengikuti Latsar ini akan berguna sebagai bekal mereka dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai abdi negara di lingkungan Kementerian Agama

      Selama menjalani masa Latsar ini mereka juga merasakan keakraban bagai sebuah keluarga besar yang saling bantu dan peduli antar sesama. Dan terakhir mereka berharap semoga BDK Banjarmasin kedepannya akan semakin maju dan profesional dalam menjalankan fungsi sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan.

     Selanjutnya disampaikan laporan panitia pelaksana yang disampaikan oleh ibu Olga, beliau menyampaikan bahwa Latsar CPNS yang berlangsung muali tanggal 30 April s.d 11 Oktober 2018 ini menekankan pada Kurikulum pembentukan Karakter PNS oleh Lembaga pelatihan Pemerintah Terakreditasi yang dilaksanakan selama 113 hari atau 1141 Jam pelatihan yang meliputi 288 JP pembelajaran klasikal dan 853 JP pembelajaran Non Klasikal atau aktualisasi di tempat kerja.

     Narasumber pada latsar CPNS ini terdiri Narasumber dari widyaiswara BDK Banjarmasin sebanyak 6 orang yang bersertifikat TOF dengan 4 agenda diklat yaitu Sikap perilaku bela negara, Nilai – nilai dasar PNS, peran dan kedudukan PNS dalam NKRI, dan Habituasi. Sedangkan Narasumber dari luar terdiri dari unsur Balitbang & Diklat Kemenag RI, UIN Antasari, Sekjen kemenag RI, PKP2A LAN Samarinda, Rindam VI MLW, dan Polda Kalsel.

      Selain agenda materi diatas juga dilaksanakan kegiatan caraka malam di Asrama Embarkasi Haji Kalsel, Studi Lapangan di Kantor Imigrasi kelas III Banjarmasin dan UNLAM Banjarmasin, seminar dan kegiatan penguatan penanaman nilai Kedisiplinan, ibadah, olahraga, dan perilaku.

Dari hasil evaluasi yang dilaksanakan oleh panitia penyelenggara, maka diputuskan 5 peserta terbaik Latsar CPNS dengan nilai terbaik, yaitu

  1. Luthfiyanti Fitriyah,M.Pd ( Calon Dosen, Ass.Ahli Fak. tarbiyah UIN Antasari ) nilai 90,02
  2. Nur Inayah Syah, M.Pd ( Calon DosenPend. IPA MI / SD, Ass Ahli FTIK IAIN Palangkaraya ) nilai 88,58
  3. Difi Dahliana, M.E.I ( Calon Dosen Man. Keuangan Islam, Ass. Ahli Fak. Ekonomi & Bisnis islam UIN Banjarmasin ) nilai 87,53
  4. Syarifaturrahmutullah,M.Pd( Calon Dosen Bhs. Arab, Ass.Ahli FTIK IAIN Samarinda ) nilai 86,22
  5. M. Luthfi Setiarno Putera, M.Si ( Calon Dosen Statistik, Ass. Ahli Fa. SyariahIAIN palangkaraya ) nilai 85,80

     Acara dilajutkan dengan sambutan sekaligus pembekalan akhir oleh Kepala BDK Banjarmasin yang disampaikan oleh Drs. H.Abdul Manan ( Kasi Diklat Admin ). Beliau menyampaikan bahwa Latsar ini bertujuan untuk meningkatkan Sikap perilaku SDM yang terkait dengan nilai – nilai dasar PNS, kedudukan, serta peran PNS dalam NKRI.

Beliau berharap semoga pengetahuan dan keterampilan peserta yang diperoleh selama Latsar bisa bermanfaat untuk pengembangan diri dan instansi peserta.

     Kemudian setelah memberikan pembekalan akhir Drs. H. Abd. Manan atas nama Kepala BDK Banjarmasin berkenan menutup secara resmi kegiatan Latsar ini. Penutupan Latsar ini ditandai dengan pelepasan Tanda ( ID ) peserta Latsar secara simbolis kepada 5 orang perwakilan peserta dari Kalimantan Selatan, Tengah, dan Timur.

 

 

Pelepasan Tanda ( ID ) Peserta diklat ini dilakukan oleh Drs. H. Abd. Manan ( Manajemen ), ibu Olga ( Panitia ), dan H. Zarkani ( WI ). Selain itu diberikan pula Piagam Penghargaan untuk 5 peserta terbaik dan Surat pengembalian peserta kepada Instansi masing -masing.

 

Acara penutupan Latsar CPNS ini diakhiri dengan pembacaan doa oleh perwakilan peserta, semoga Allah SWT memberikan Berkah dan Rahmat NYA untuk kita semua..Aamiin.

 

SELAMAT👍👍👍SUKSES