logo-responsive

Aparatur Sipil Negara Kemenag Harus Lebih Religius

Pembentukan Kementerian Agama merupakan peristiwa penting dan bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai negara religius yang nasionalis.

Untuk itu, ASN Kemenag harus lebih religius dibandingkan ASN lain.

Hal tersebut dikatakan Bupati Muaraenim Ir H Muzakir Sai Sohar yang membacakan kata sambutan Kementerian Agama RI, pada peringatan Hari Amal Bakti ke-71 Tahun 2017 di halaman Kantor Pemkab Muaraenim, Selasa (3/1/2017).

Upacara peringatan yang dipimpin langsung oleh Bupati Muaraenim Ir H Muzakir Sai Sohar, dihadiri juga oleh Wakil Bupati Muaraenim H Nurul Aman, para pejabat muspida dan muspika serta ribuan keluarga besar Kemenag RI.

Menurut Muzakir, bahwa tanggal 3 Januari 1946, pemerintah atas usulan dari Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) membentuk Kementerian Agama dan mengangkat Menteri Agama yang pertama yaitu Haji Mohammad Rasjidi.

Pembentukan Kementerian Agama merupakan peristiwa penting dan bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai negara religius yang nasionalis.

Sebagai bangsa yang majemuk, agama menjadi unsur perekat integrasi nasional.

Agama yang diyakini dan diamalkan oleh umatnya masing-masing akan menjadi unsur pembentuk Nation and Character Building bagi bangsa Indonesia.

“Saya mengingatkan, toleransi dan kerukunan bukan milik sesuatu golongan semata, tetapi harus menjadi milik semua golongan dan berlaku bagi semua pemeluk agama,” kata Muzakir.

Dengan kegiatan ini, lanjut Muzakir, kedepan akan semakin memperkuat komitmen bersama terhadap integritas dan etos kerja sebagai pelayan masyarakat dan pengayom semua umat beragama.

sumber: http://palembang.tribunnews.com/2017/01/03/aparatur-sipil-negara-kemenag-harus-lebih-religius