logo-responsive

Kemenag Pontianak Imbau Travel Umrah Urus Izin

PONTIANAK – Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Pontianak Syamsul mengimbau kepada pengelola travel umrah, yang aktif dan belum terdata, segera mengurus izin ke Kemenag.

“Sehingga tidak ada kekhawatian jamaah saat berangkat menggunakan travel yang bersangkutan,” terang Syamsul, Kamis (19/1/2017).

Pihaknya juga mengimbau masyarakat menggunakan travel yang resmi. Sebab dikhawatirkan, jika menggunakan travel yang tak berijin, dan kemudian terjadi permasalahan,  Kemenag tidak dapat bertanggung jawab lebih jauh.

Maka lanjutnya sebelum berangkat ikuti ‘lima pasti’ pertama, pasti travelnya berizin, pasti jadwal keberangkatan, pasti penerbanganya, pasti hotelnya dan pasti visa nya.

“Kalau ini sudah diketahui Insya Allah jemaah saat berangkat dan pulang, tidak ada persoalan,” tambahnya.

Kemenag Pontianak bersama pihak terkait berencana menginventarisir keberadaan travel yang belum berizin dari Kemenag, sebab ini disinyalir masih banyak dijumpai diPontianak.

“Kalau di Pontianak kita rasa cukup banyak. Tapi kita dari Kemenag berencana menginventarisir dan melakukan pendekatan persuasif dan berkoordinasi  supaya yang punya travel segera mendaftarkan travelnya,”imbuhnya.

Sehingga dengan adanya izin legal formal travel umrah ini, bisa menjadi pilihan bagi warga, dalam memilih travel umrah yang bisa bertanggung jawab.

“Kalau bagi travel yang belum punya ijin konsekuensi memang tidak ada. Tapi mereka yang memiliki izin, misalnya terjadi penelantaran konsekuensinya kita beri teguran sampai pencabutan ijin,” imbuhnya.

Namun pihaknya menegaskan, bila mana pihak travel yang telah diimbau, jika  tetap saja tak melaksanakanya , demi keselamatan jamaah, pihaknya bisa saja melibatkan kepolisian untuk menutup travel tersebut secara resmi. “Karena kita anggap travel tersebut merugikan masyarakat,” pungkasnya.

sumber: http://pontianak.tribunnews.com/2017/01/19/kemenag-pontianak-imbau-travel-umrah-urus-izin